PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA DESA (KADER POSYANDU)

08 November 2023
Administrator
Dibaca 98 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENINGKATAN KAPASITAS LEMBAGA DESA (KADER POSYANDU)

SID Jurnalisnya

Desa Peninjoan, Rabu (08/11/2023) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Apartur Pemerintah/Lembaga Desa (Kader Posyandu) di Desa Peninjoan Tahun Anggaran 2023, yang di selenggarakan di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Peninjoan yang di laksanakan selama 2 Hari pada Tanggal 7 dan 8 November 2023, hari pertama yang di mulai dari pukul : 08.00 Wita – 15.40 Wita dan Hari Kedua di mulai 09.00 Wita-16.00 Wita. Dengan Peserta 76 terdiri dari 76 Kader Posyandu dan 1 Orang Kader Pembangunan Manusia (KPM)

Hari Pertama Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Desa (Kader Posyandu) acara di buka dan memberi Sambutan langsung oleh Perbekel Peninjoan I Putu Joantara yang di wakilkan oleh Sekretaris Desa I Wayan Suyasa, dan di lanjutkan oleh Pendamping Desa Peninjoan I Nengah Artana, SE. Sebagai Narasumber dengan memberikan Materi tentang Kebijakan Dana Desa untuk Penanganan Stunting dang Penyelenggaraan Posyandu, dan di lanjutkan oleh TPG. Puskesmas Tembuku II Putu Sita Rahmayati dengan 3 Materi yaitu Materi pertama Pemberian Makan Pada Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, Materi kedua Rekomendasi Pemberian Makanan Pada Balita, Materi Ketiga Pemanfaatan Pangan Lokal dalam Pemberian Makanan Tambahan Balita Gizi Kurang.

Hari Kedua acara di buka oleh Perbekel Peninjoan I Putu Joantara yang di wakilkan oleh Sekretaris Desa I Wayan Suyasa, dan langsung di lanjutkan oleh PSM Ahli Muda/DPMDPPKB Kabupaten Bangli I Wayan Aman, SE. Sebagai Narasumber dengan Materi Optimalisasi Pokja Posyandu Sebagai LKD Dalam Integrasi Layanan Primer, lalu di lanjutkan oleh Staf Puskesmas Tembuku II dr. I.A. Diah Pramita K.D. sebagai narasumber dengan 2 Materi yaitu pertama Materi tentang Pentingnya Pemantauan Perkembangan Balita dan yang kedua Materi tentang Deteksi Dini Penyimpangan Pertumbuhan Balita, dan di lanjutkan lagi oleh Staf Puskesmas Tembuku II Ni Nengah Murniasih sebagai narasumber dengan 2 Materi yaitu Materi pertama tentang Pentingnya Pemantauan Pertumbuhan Balita dan Materi Kedua tentang Pengukuran Antropometr/Praktek Cara Pengukuran Menggunakan Alat Antropometri.

Dan diakhir di akhir Acara Pemerintah Desa Peninjoan Pembagian Kaos Seragam Posyandu sebanyak 76 peserta, serta Penyerahan PMT berupa Susu dan Vitamin untuk Pelaksanaan Kegiatan Pos Gizi Balita dan Pos Gizi Ibu Hamil Untuk Penanganan Sunting dengan sasaran Balita Gizi Kurang dan Ibu Hamil dengan jumlah Ibu hamil sejumlah 67 org dan balita gizi kurang sebanyak 26 orang berdasarkan data hasil Posyandu di 15 Banjar dinas di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan hari ini, terima kasih perhatian dan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada tutur kata atau tindakan yang kurang berkenan.