PEMERINTAH DESA PENINJOAN GELAR MUSRENBANG DESA

12 September 2023
I PUTU JOANTARA
Dibaca 102 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN GELAR MUSRENBANG DESA

SID Jurnalisnya

Desa Peninjoan, Selasa (12/09/2023) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) Tahun 2023 dalam rangka pembahasan rancangan RKP Desa tahun 2024 dan Daftar Usulan RKP Desa tahun 2025, yang di mulai pada jam 08.30 WITA - SELESAI dan Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Peninjoan.

Adapun undangan dan peserta dalam Musdes dimaksud antara lain, Bapak Camat Tembuku, Kepala Puskesmas Tembuku II, Perbekel Peninjoan, Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Ketua dan Anggota BPD Peninjoan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua PHDI Desa, Ketua LPM, Ketua dan Pengurus TP PKK Desa, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma, PD, PLD, Bendesa Desa Adat di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kelian Subak dan Subak Abian di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kelian Banjar Adat di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kelian Banjar Dinas di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kepala SD dan SMP, Pengelola PAUD, Direktur BUM Desa Giri Kusuma Desa Peninjoan, Bidan Desa, PLKB, PPL Pertanian, KPM, KPMD, TKSK, Pendamping PKH, Pengurus Yayasan Belajar Yuk Saiti, Pengurus Yayasan Relawan Bali, Perwakilan Pengelola Wisata, Sekdes, Kasi, Kaur, Staf dan Perwakilan RTM/Lansia/Disabilitas dari masing-masing Banjar Dinas di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari.

Musrenbang diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya kemudian Lagu Merah Putih Benderan Tityange dan dilanjutkan dengan Pembacaan Doa. MUSRENBANG Desa dibuka secara resmi oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan I Putu Joantara dengan menyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan MUSREBANG Desa hari ini.

Diskusi Musrenbang dari Banjar Adat Payuk mengucapkan suksma atas Bantuan Rp. 10.000.000 juta, ada bangunan yang masih rusak yaitu bale banjar payuk dan terkait Subak tidak ada pupuk agar Desa membantu Masyarakat untuk mendapatkan pupuk secarah mudah dan dapat di jangkau, dari Banjar Adat Karang Suung Kaja Terkait Desa/Banjar Adat/Banjar Karang Suung Kaja tidak ada usulan yang masuk dari RKP, Dari Subak Air Payuk terkait kendala amprah pupuk terkait program tanam yang dapat pupuk adalah yang menanam padi,jagung,kedelai, dari Bendesa Karang Suung Kelod mohon segera di usulkan Subak Abian Karang Suung Kelod.

Dari Bapak Perbekel apa yang akan di usulkan agar di musyawarahkandi warganya dan di pikirkan dengan baik dengan prajuru setempat terkait mohon bantuan atau usulan, terkait pemerataan bantuan bangunan Rp. 100.000.000 perbanjar di gilir dan akan tidak di lanjuti sesuai keadaan dana karena tidak ada program pembagian dana desa.

Dari KBD pulasari kawan, mohon bantuan untuk menyambung drainase sepanjan 20meter, dan agar ada Rambat Beton, senderan dari Banjar Adat Kebon untuk perbaikan Balai Banjar Kebon Kelod yang kondisinya rusak berat, pengarahan dari Pendamping Desa terkait penyepakatan dari hasil MUSDES 26 Juni 2023 Musdes perencanaan pembangunan menjadi RKP Desa/DURKP, terkait penggunaan Dana Desa yaitu program honor TK/PAUD serta Teknis, terkait penggunaan Dana yang besar adalah PMT Posyandu Balita dan Lansia di tambah anggaran Program Baru, anggaran tambahan 100 orang untuk BPJS Kesehatan dari dana Desa, Ketahanan pangan dapat dilaksanakan untuk sarana penunjang usaha tani, pengguna Dana Desa  aturannya jelas bila salah penggunaan Desa bisa ngembalikan  Dana. Petuah-petuah dari Ketua PHDI, tentang penggunaan agar di gunakan secara baik.


Kegiatan diakhiri dengan pemberian sembako kepada Perwakilan RTM yang mengikuti Musdes, dana diperoleh dari Penyisihan Penghasilan Perbekel dan Perangkat yang rutin dilaksanakan tiap tahun, Demikian Pelaksanaan Musyawarah Desa Peninjoan.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan hari ini, terima kasih perhatian dan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada tutur kata atau tindakan yang kurang berkenan.