Artikel

PEMERINTAH DESA PENINJOAN LAKSANAKAN PEMBUKAAN LOMBA BULAN BAHASA BALI

23 Februari 2020 03:22:34  admin-peninjoan  7 Kali Dibaca  Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Minggu (23/2) Pemerintah desa peninjoan melaksanakan pembukaan lomba bulan Bahasa bali tahun 2020. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 Wita yang bertempat di balai banjar Desa Adat Karang Suung Kaja, yang dihadiri Camat Tembuku yang diwakili kasi Kesra, ketua majelis alit desa adat kecamatan tembuku, ketua PHDI desa peninjoan, perbekel peninjoan, ketua BPD berserta anggota, ketua beserta pengurus LPM, ketua beserta pengurus TP.PKK Desa, ketua dan pengurus Karang Taruna Giri Kusuma, Kepala SD se- Desa Peninjoan, Pengelola PAUD se-Desa Peninjoan, Bendesa Adat Se-Desa Peninjoan, Kelian banjar Adat dan dinas Se-Desa Peninjoan dan undangan lainnya yang di undang dalam kegiatan ini.

Acara yang diawali dengan tari pembukaan, doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Merah putih benderan tityange, dilanjutkan dengan sambutan perbekel peninjoan, majelis alait desa adat kecamatan tembuku dan terakhir sambutan dari kasi kesra kecamatan tembuku yang sekaligus mewakili bapak camat tembuku untuk membuka secara resmi lomba bulan Bahasa bali ini. Dalam kesempatan ini bapak perbekel peninjoan dalam sambutannya menyampaikan ucapan syukur dan Bahagia, hal tersebut dikarenakan di desa peninjoan sudah banyak desa adat yang berada di wilayah desa peninjoan telah melaksanakan lomba-lomba terkait merayakan bulan Bahasa Bali. Dirinya juga menambahkan bahwa kegiatan lomba bulan bahasa bali di desa peninjoan ini untuk memotivasi kepada generasi muda agar mencintai budayanya. Selain itu perbekel peninjoan I Putu Joantara juga mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kepada desa adat yang telah melaksanakan lomba bulan Bahasa bali yang sudah sangat meriah dan antusiasme masyarakatnya yang tinggi.

Dalam kesempatan berikutnya dari majelis alit desa adat kecamatan tembuku juga menambahkan apresiasinya dalam menyaksikan setiap pelaksanaan lomba bulan Bahasa bali yang telah dilaksanakan di desa adat yang ada di wilayah desa peninjoan. Dirinya juga menyampaikan bahwa pelaksanaan lomba bulan Bahasa bali di desa peninjoan sudah sangat meriah dan antusiasme peserta juga bagus. Ditambahkan dalam sambutannya majelis alit desa adat kecamatan tembuku juga memberi motivasi kepada para hadiri yang hadir dalam acara ini agar kedepannya mengaktifkan pesramannya di masing-masing desa adat, hal tersebut dikarenakan pemerintah provinsi bali sudah menyediakan wadahnya yakni bulan Bahasa bali sebagai wadah untuk kedepannya bagi  pesraman-pasraman desa adat berlomba, sekaligus sebagai tempat mengevaluasi dari kegiatan pasraman tersebut.

Pada kesempatan yang terakhir sambutan diberikan oleh kasi kesra kecamatan tembuku yang ditunjuk sebagai wakil dari camat tembuku untuk membuka acara bulan Bahasa bali di desa peninjoan. Dalam sambutannya dirinya menyampaikan permakluman kepada para hadirin yang sedianya bapak camat tembukulah yang membuka acara ini, namun dikarenakan bapak camat ada kesibukkan yang lainnya yang tidak bisa ditinggalkan akhirnya ditunjuklah kasi kesra yang mewakilinya. Bapak kepala seksi kesra kecamatan tembuku dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa desa peninjoanlah yang paling pertama melaksanakan lomba-lomba dalam bulan Bahasa bali dari desa-desa yang ada di kecamatan tembuku. Hal ini membuktikan bahwa semangat dari desa peninjoan dan keseriusannya dalam menjaga dan melestarikan Bahasa, aksara dan sastra bali benar-benar di laksanakan dengan penuh keseriusan. Dan akhir acara ini dibuka secara resmi oleh bapak camat tembuku yang diwakili oleh kasi kesra dengan pemukulan gong.

Acara bulan Bahasa bali di desa peninjoan berlangsung selama tiga hari sesuai jadwal yang telah dibuat yakni tanggal 23, 24 dan 25 Pebruari 2020.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO COVID-19 DI INDONESIA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:174
    Kemarin:261
    Total Pengunjung:40.155
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.208.202.194
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel