KADER RDS DESA PENINJOAN LAKUKAN RAPAT RUTIN

01 September 2021
Administrator
Dibaca 518 Kali
KADER RDS DESA PENINJOAN LAKUKAN RAPAT RUTIN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (2/9/2021) Kader RDS Desa Peninjoan melaksanakan rapat rutin bulanan. Rapat yang dimulai pukul 09.30 WITA yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor Perbekel Peninjoan yang dihadiri oleh Bapak Perbekel Peninjoan, Sekretaris Desa Peninjoan, Babinsa, PLD dan seluruh pengurus Harian Rumah Desa Sehat Desa Peninjoan.

Rapat yang dibuka oleh Bapak Perbekel Peninjoan dengan menyampaikan beberapa hal terkait dengan program-program RDS yang berkaitan dengan Kesehatan Masyarakat di Desa Peninjoan. Dalam kesempatan ini Bapak Sekdes Peninjoan juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan RDS seperti kegiatan Pos Gizi Ibu hamil, Pos Gizi Balita, dan Posyandu di masing-masing Banjar Dinas. Hal ini merupakan upaya pemerintah Desa Peninjoan dalam penanganan Stunting di Desa Peninjoan. Selain itu dalam kegiatan posyandu juga disalurkan PMT untuk ibu hamil dan Balita dalam upaya penanggulangan Stunting. Dalam rapat ini bapak Sekdes juga menyampaikan beberapa agenda kegiatan Desa yang akan dilaksanakan kedepannya sebelum Musrenbang Desa. 

Pendamping Loka Desa juga menyampaikan beberapa hal dalam rapat RDS ini. Beliau menyampaikan bahwa di Tahun 2022 nama RDS akan berubah menjadi Tim Penurunan Stunting dan kader akan ditambah dari ketua Kader Posyandu. Selain itu menurut PLD bahwa rapat kader RDS ini merupakan rapat evaluasi dan pelaporan dari KPM terkait pencatatan data Stunting di Desa Peninjoan. KPM Desa Peninjoan melaporkan dalam rapat hari ini bahwa jumlah Balita 0-5 tahun sebanyak 623 orang, balita 0-2 tahun sebanyak 246 orang, layanan PAUD 2-5 tahun sebanyak 55 orang, ibu hamil sebanyak 66 orang, yang Resti sebanyak 10 orang, anak yang mengalami Stunting 3 orang, yang gizi kurang sebanyak 2 orang. Demikian laporan yang disampaikan oleh Kader Pembangunan Manusia Desa Peninjoan. Babinsa Desa Peninjoan dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa anak-anak yang mengalami malas makan dikarenakan masih banyaknya orang tua yang memberi HP kepada anaknya,, sehingga menurut beliau hal tersebut membuat anak lebih asik main hp ketimbang makan. 

Demikian laporan yang disampaikan dalam kegiatan rapat rutin RDS ini. Rapat dilaksanakan dengan prokes yang ketat.