PERINGATAN BULAN BUNG KARNO III DESA PENINJOAN TAHUN 2021

25 Juni 2021
Administrator
Dibaca 799 Kali
PERINGATAN BULAN BUNG KARNO III DESA PENINJOAN TAHUN 2021

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jumat (25/6/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan kegiatan peringatan Bulan Bung Karno Ke-III Tahun 2021. Peringatan Bulan Bung Karno III dimulai Pukul 09.00 Wita yang bertempat di Wantilan Pura Dalem Agung Tampuagan. Kegiatan Peringatan Bulan Bung Karno ini dihadiri Oleh Bapak Bupati Bangli yang diwakili oleh Asisten Ahli Staf Bupati Bapak I Nyoman Sutedja, S.Pd.,M.Pd, Bapak Ketua DPRD Kabupaten Bangli yang diwakili oleh Bapak Sang Nyoman Wijaya, Camat Tembuku, Ketua BPD Desa Peninjoan, Ketua LPM, Perbekel Peninjoan bersama seluruh Perangkat Desa Peninjoan, Ketua TP. PKK Desa Peninjoan, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma,  Kepala SD Se-Desa Peninjoa, Bendesa Adat Se-Desa Peninjoan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Undangan lainnya yang di undang dalam kegiatan ini.

Adapun susunan acara dalam kegiatan Bulan Bung Karno ini yaitu ; Pembukaan oleh pembawa acara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Merah Putih, Pembacaan Doa, Sambutan-sambutan, Pelaksanaan Lomba-lomba dan terakhir penyerahan hadiah serta penutupan lomba. Kegiatan Bulan Bung Karno ini dibuka langsung oleh Bapak Bupati Bangli yang diwakili oleh Bapak Asisten Ahli Staf Bupati Bangli, di sela-sela sambutannya menyampaikan bahwa Bapak Ir. Soerkarno merupakan Bapak Proklamator yang harus diingat disetiap perjuangannya memerdekakan bangsa ini. Selain itu Bapak Asisten juga menyampaikan Biografi Bapak Ir. Soekarno kepada para hadirin yang hadir, bahwa Ibu Kandung Beliau berasal dari Bali.  Setelah acara dibuka secara resmi oleh Bapak Bupati Bangli, acara dilanjutkan denga pelaksanaan lomba-lomba Bulan Bung Karno III Tahun 2021. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan dalam kegiatan ini yakni lomba pidato bertemakan Bung Karno tingkat SD dan Lomba membaca teks Proklamasi tingkat Sekaa Truna. Peserta lomba dalam kegiatan ini yaitu berjumlah 12 orang untuk lomba pidato, dimana peserta diambil dari 6 SD yang ada di Desa Peninjoan sebanyak 2 orang setiap SD yang terdiri dari 1 orang putra dan 1 orang putri. Sedangkan untuk lomba membaca teks Proklamasi diambil dari perwakilan Sekaa Truna di masing-masing Banjar Dinas di Desa Peninjoan sebanyak 15 orang perwakilan. Dalam kegiatan lomba Bulan Bung Karno ini yang menjadi Juri ialah sebanyak 3 orang yaitu : 1. I Made Sutarman dari SMA N 1 Tembuku, 2. I Ketut Widiastawa dari SMK N 1 Bangli, 3. I Dewa Ayu Nyoman Oka Sriartini dari SMK N 1 Tembuku.

Dari hasil perlombaan yang dilaksanakan sehingga mendapatkan juara di masing-masing katagori lomba. Adapun nama-nama peserta lomba yang mendapatkan juara ialah sebagai berikut ; juara-juara dalam lomba pidato tingkat SD, Juara 1 diraih SD N 4 Peninjoan atas nama Ni Wayan Rani Nopitasari, Juara 2 diraih SD 4 Peninjoan atas nama Ni Wayan Juni Purnami dan Juara 3 diraih SD N 1 Peninjoan atas nama  Desak Nyoman Trisna Ari Santi. Sedangkan untuk juara lomba membaca teks Proklamasi Juara 1 atas nama  Putu Eka Putri Swami dari Banjar Dinas Karang Suung Kaja, Juara 2 atas nama I Putu Pebrisastrawan dari Banjar Dinas Karang Suung Kelod dan juara 3 Ni Putu Mega Kharisma Yasih dari Banjar Dinas Penarukan. Para Peserta lomba yang mendapatkan juara diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan serta sopenir. Sedangkan peserta lomba yang tidak mendapatkan juara diberikan sopenir dan piagam penghargaan dari Pemerintah Desa Peninjoan. Keseluruhan hadiah diserahkan secara langsung oleh Bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara yang didampingi Dewa Juri.