PEMDES PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN BULAN BAHASA BALI VI TH 2024

21 Februari 2024
Administrator
Dibaca 110 Kali
PEMDES PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN BULAN BAHASA BALI VI TH 2024

SID Jurnalisnya

Desa Peninjoang, Rabu (21/02/2024) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa Bali VI Desa Peninjoan Tahun 2024 sebagai bentuk implementasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018, tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, di Ruang Pertemuan Kantor Perbekel Peninjoan, yang di mulai dari Pukul : 09.00 Wita – Selesai, dengan tema “JANA KERTHI – DHARMA SADHU NURAGA”  “Bulan Bahasa Bali sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai Laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk” dengan lomba yang di adakan sebagi berikut :

  1. LOMBA (WIMBAKARA) MASATUA KRAMA ISTRI PESERTA PAKIS BALI

Dengan Peserta dari Desa Adat di Wilayah Desa Peninjoan, Dengan Materi Satua Bali yang di sampaikan mengarah pada tema Jana Kerthi-Dharma Sadhu Nuraga. Dengan Hadiah Bagi Juara I, II dan III disediakan Piagam, Piala dan Berupa Uang.  Juara I : Rp. 300.000,00. Juara II : Rp. 275.000,00. Juara III : Rp. 250.000,00. Bagi semua peserta lomba disediakan Piagam dan Kain Endek.

  1. LOMBA (WIMBAKARA) NYURAT AKSARA BALI PESERTA SEKOLAH DASAR

Dengan Peserta dari Setiap Sekolah Dasar (SD) di Wilayah Desa Peninjoan mengirimkan 1 (satu) orang perwakilannya dan Peserta adalah Siswa/Siswi Sekolah Dasar kelas IV/V. Dengan Materi Teks yang akan di surat/ disalin yang disiapkan oleh Panitia. Dengan Hadiah Bagi Juara I, II dan III disediakan Piagam, Piala dan Berupa Uang. Juara I : Rp. 300.000,00. Juara II : Rp. 275.000,00. Juara III : Rp. 250.000,00. Bagi semua peserta lomba disediakan Piagam dan Tas Sekolah.

  1. LOMBA (WIMBAKARA) NGUACEN AKSARA BALI PESERTA SEKOLAH DASAR

Dengan Peserta Setiap Sekolah Dasar (SD) mengirimkan 1 (satu) orang perwakilannya. 2. Peserta adalah Siswa/Siswi Sekolah Dasar kelas IV/V. Dengan Materi Teks yang akan dibaca disiapkan oleh panitia, yang mana semua teks isinya tidak sama dengan peserta yang lain. Dengan Hadiah Bagi Juara I, II dan III disediakan Piagam, Piala dan Berupa Uang. Juara I : Rp. 300.000,00. Juara II : Rp. 275.000,00. Juara III : Rp. 250.000,00. Bagi semua peserta lomba disediakan Piagam dan Tas Sekolah.

  1. FESTIVAL (UTSAWA) GENDING BALI RARE PESERTA PAUD (KB DAN TK)

Di ikuti oleh Setiap PAUD (KB dan TK) di wilayah Desa Peninjoan mengirimkan 1 (satu) orang perwakilannya. Dengan Materi 1. Lagu /Gending Bali Rare wajib dengan judul “Ratu Anom” 2. Lagu/Gending Bali Rare pilihan dengan judul “Curik Curik dan Dadong Dauh”. Tidak ada kejuaraan, Bagi semua peserta festival disediakan Piagam dan Tas Sekolah.

 

Dan Pengumuman Pemenang Juara untuk Lomba LOMBA (WIMBAKARA) MASATUA KRAMA ISTRI PESERTA PAKIS BALI, Juara I diperoleh oleh Ni Kadek Sumiati dari Banjar Dinas Bengang, Juara II diperoleh oleh I Dewa Ayu Nyoman Arini dari Banjar Dinas Peninjoan, Juara III diperoleh oleh Ni Wayan Sriwangi dari Banjar Dinas Penarukan. Untuk LOMBA (WIMBAKARA) NYURAT AKSARA BALI PESERTA SEKOLAH DASAR Juara I diperoleh oleh I Dewa Made Parwida Dikhsa dari SD N 1 Peninjoan, Juara II diperoleh oleh Dewa Ayu Giska Maheswari dari SD N 5 Peninjoan , Juara III diperoleh oleh Ni Nengah Okta Wulandari SD N 2 Peninjoan. LOMBA (WIMBAKARA) NGUACEN AKSARA BALI PESERTA SEKOLAH DASAR, Juara I diperoleh oleh Ni Kadek Alia Okta Kirani SD N 1 Peninjoan, Juara II diperoleh oleh Ni Putu Diah Cahyadi dari SD N 5 Peninjoan, Juara III diperoleh oleh Sang Ayu Alit Santiani dari SD N 3 Peninjoan, Dengan 3 Juri Sebagai tim penilai lomba yaitu : 1. Dewa Ngakan Made Suardana. 2. I Ketut Sudamerta. 3. Gede Agus Budi Adnyana, Ni Putu Suyantini, S.Pd.B Penyuluh Bahasa Bali Desa Peninjoan Sebagai Pembawa Acara/MC.

Acara tersebut di buka langsung oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan yang di wakilkan oleh Sekretaris Desa Peninjoan. Dengan Undangan Bapak Camat Tembuku, Ketua PHDI Kecamatan Tembuku, Bendesa Alit MDA Kecamatan Tembuku, Penjabat Perbekel Persiapan Pulasari, Ketua PHDI Desa Peninjoan, Ketua BPD Peninjoan, Ketua LPM Desa Peninjoan, Babinsa Desa Peninjoan, Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan, Ketua TP PKK Desa Peninjoan, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma Desa Peninjoan, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Bendesa Desa Adat di wilayah Desa Peninjoan, Kelian Banjar Dinas di wilayah Desa Peninjoan, Kepala SD Negeri di wilayah Desa Peninjoan,  Pengelola PAUD (KB dan TK) di wilayah Desa Peninjoan,  Penyuluh Bahasa Bali Desa Peninjoan, PLKB Desa Peninjoan, PPL Desa Peninjoan, Kasi, Kaur, Staf dan Operator SID Desa Peninjoan.