PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN BULAN BAHASA BALI V TAHUN 2023

24 Februari 2023
Administrator
Dibaca 151 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN BULAN BAHASA BALI V TAHUN 2023

SID Jurnalisnya

Desa Peninjoan, Jumat (24/02/2023) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan kegiatan dalam rangka kegiatan Bulan Bahasa Bali V tahun 2023 sebagai bentuk pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, adapun pelaksanaan Bulan Bahasa Bali di Desa Peninjoan pada tanggal 24 Pebruari 2023, di Balai Banjar Karang Suung Kaja, yang di mulai dari Pukul : 09.00 Wita – Selesai, dengan tema “SEGARA KERTHI: CAMPUHAN URIP SARWA PRANI” “Bulan Bahasa Bali sebagai altar pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk memaknai Laut sebagai awal dan akhir kehidupan segenap makhluk” dengan lomba yang di adakan sebagi berikut :

1. LOMBA (WIMBAKARA) NYURAT AKSARA BALI PESERTA SD

Dengan Hadiah Bagi Juara I, II dan III disediakan Piagam, Piala dan Berupa Uang.  Juara I : Rp. 300.000,00. Juara II : Rp. 275.000,00. Juara III : Rp. 250.000,00. Bagi semua peserta lomba disediakan Piagam, Tas Sekolah dan Baju Kaos Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 Desa Peninjoan.

2. LOMBA (WIMBAKARA) PIDARTA BASA BALI PESERTA DAA TERUNA /YOWANA/STT

Dengan Hadiah Bagi Juara I, II dan III disediakan Piagam, Piala dan Berupa Uang. Juara I : Rp. 300.000,00. Juara II : Rp. 275.000,00. Juara III : Rp. 250.000,00. Bagi semua peserta lomba disediakan Piagam, Kain Kamen (Endek) dan Baju Kaos Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 Desa Peninjoan.

3. LOMBA (WIMBAKARA) KARAOKE POP BALI PESERTA KELIAN BANJAR DINAS

Seluruh peserta disediakan Piagam.

Dengan peserta yg mengikuti lomba Nyurat Aksara Bali 6 peserta perwakilan SD Se Desa peninjoan, 15 peserta untuk lomba Pidarta Basa Bali dari setiap Teruna/Yowana Se Desa Peninjoan dan 15 Peserta untuk Lomba Karaoke Pop Bali dari Kelian Banjar Dinas Se Desa Peninjoan.

Dan Pengumuman Pemenang Juara untuk Lomba NYURAT AKSARA BALI PESERTA SD, Juara I, Juara II, Juara III. Untuk PIDARTA BASA BALI PESERTA DAA TERUNA /YOWANA Juara I. Juara II. Juara III. KARAOKE POP BALI PESERTA KELIAN BANJAR DINAS. Peserta disediakan Piagam, Dengan 3 Juri Sebagai tim penilai lomba yaitu : 1. Ni Putu Suyantini, S.Pd.B. 2. I Nengah Widiana, S.Pd.B. 3. I Made Mudariana, S.Pd.B.

Dengan undangan dan di dalam acara tersebut di buka langsung oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan, Bapak Camat Tembuku, Ketua PHDI Kecamatan Tembuku, Bendesa Alit MDA Kecamatan Tembuku, Penjabat Perbekel Persiapan Pulasari, Ketua PHDI Desa Peninjoan, Ketua BPD Peninjoan, Ketua LPM Desa Peninjoan, Babinsa Desa Peninjoan, Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan, Ketua TP PKK Desa Peninjoan, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma Desa Peninjoan, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Kepala SD Negeri di wilayah Desa Peninjoan, Kepala SD Negeri di wilayah Desa Persiapan Pulasari, Bendesa Desa Adat Karang Suung Kaja, Kelian Banjar Adat Karang Suung Kaja, Kelian Banjar Dinas Karang Suung Kaja, Kelian Sekaa Teruna Banjar Adat Karang Suung Kaja, Sekretaris Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kasi, Kaur Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, dan Staff Desa Peninjoan.