BPD DESA PENINJOAN LAKSANAKAN MUSDES PENYAMPAIAN KETERANGAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA 2020

25 Januari 2021
Administrator
Dibaca 756 Kali
BPD DESA PENINJOAN LAKSANAKAN MUSDES PENYAMPAIAN KETERANGAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAH DESA 2020

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Selasa (26/1/2021) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Peninjoan melaksanakan musyawarah desa tentang penyampaian keterangan penyelenggaraan pemerintah desa tahun 2020 dan validasi dan finalisasi calon penerima BLT DD. Musdes yang dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di aula PAUD Widya Sentana yang di hadiri oleh Bapak Camat Tembuku, Bapak Ketua BPD bersama Anggota, Bapak Perbekel Peninjoan, Sekretaris Desa bersama Perangkat Desa, Bendesa Adat Se-Desa Peninjoan, Kelian Banjar adat dan Dinas se-Desa Peninjoan, Ketua TP PKK Desa Peninjoan, Ketua dan pengurus BUMDes, Ketua Karang Taruna, Bhabinkamtibmas serta undangan lainnya.

Musdes yang dibuka secara resmi oleh bapak ketua BPD I Made Yasa dengan menyampaikan agenda musdes yang akan di bahas dalam musyawarah disini. Adapun dua agenda besar yang akan ditetapkan pada musyawarah ini yakni Laporan pertanggungjawaban penyelenggaraan pemerintahan desa oleh pemerintah desa peninjoan dan penetapan calon penerima BLT DD Tahun 2021. Setelah dibuka secara resmi dilanjutkan dengan penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintahan desa oleh bapak perbekel peninjoan I Putu Joantara dengan menyampaikan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa sudah berjalan sesuai dengan harapan walau ada beberapa kegiatan yang tidak bisa berjalan dikarenakan keterbatasan anggaran. Selain itu bapak perbekel kedepannya akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam musdes ini laporan secara rinci oleh bapak sekretaris Desa Peninjoan I Wayan Suyasa. Menurut Bapak Sekdes pelaporan pertanggungjawaban penyelenggaraan desa oleh pemerintah desa merupakan wajib sesuai dengan peraturan yang berlaku. Secara rinci laporan penyelenggaraan pemerintahan desa akan dibuatkan baliho, selebaran atau disampaikan melalui media sosial agar bisa dilihat oleh masyarakat luas. Dalam musdes ini juga disampaikan pertanggunjawaban penyelenggaraan BUMDes Giri Kusuma oleh bapak Sekdes berdasarkan laporan yang disampaikan oleh ketua BUMDes Desa Peninjoan. Musdes dilanjutkan dengan penyampaian Data calon penerima BLT DD yang sebanyak 50 KK yang tersebar diseluruh banjar dinas se-desa peninjoan. Setelah penyampaian laporan keseluruhan oleh pemerintah desa, acara dilanjutkan dengan penyampaikan tanggapan oleh para hadirin yang hadir dalam musdes ini terkait laporan yang telah disampaikan.

Dalam musdes ini dikarenakan tidak ada tanggapan dari para peserta yang hadir, sehingga seluruh agenda musdes yang telah disampaikan ditetapkan secara resmi oleh bapak ketua BPD sesuai dengan apa yang telah dirancang dan disampaikan pemerintah desa peninjoan. Dikesempatan ini bapak camat tembuku juga menyampaikan beberapa hal salah satunya mengapresiasi pelaksanakan MUSDES sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu dari pihak kepolisian sektor tembuku menyampaian tentang bimbingan masyarakat mengenai kedisiplinan protokol covid-19, pencurian Pratima di pura, kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba. Dalam MUSDES ini Bhabinkamtibmas menyampaikan bahwa pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah desa sudah berjalan dengan baik. Ketua BUMDES Desa Peninjoan I Wayan Ardana menyampaikan perkembangan BUMDES kedepannya. Musdes ditutup oleh bapak ketua BPD dengan menetapkan hasil dari seluruh agenda MUSDES ini.