Artikel

GASAL DESA PENINJOAN, LAKUKAN PEMBERSIHAN DI SUNGAI

02 Desember 2019 06:34:09  admin-peninjoan  6 Kali Dibaca  Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (2/12) Garakan sadar lingkungan (GASAL) desa peninjoan melaksanakan kegiatan permbersihan tanaman eceng gondok di aliran sungai di area alas metapa. Kegiatan yang dimulai kira-kira pukul 09.00 Wita ini di ikuti seluruh anggota GASAL dan beberapa perangkat desa yang membidangi hal tersebut. Pada kesempatan tersebut nampaknya hadir secara langsung bapak perbekel Desa peninjoan yang memantau secara langsung kegiatan tersebut.

Kegiatan pembersihan aliran sungai ini oleh anggota GASAL merupakan perintah dari pihak desa untuk mengajak para anggota GASAL di ke 15 banjar dinas yang ada di Desa Peninjoan untuk melakukan pembersihan dia area sungai yang menuju bendungan dekat objek wisata spiritual alas metapa. Pembersihan sungai ini menyasar tanaman-tamanam yang mengganggu irigasi sungai, seperti tanaman eceng gondok dan rumpuk-rumput liar yang mengganggu aliran air dari sungai menuju bendungan di alas metapa.

Menurut SEKDES Desa peninjoan I Wayan suyasa menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan melalui pemeliharaan sumber air dan bendungan di desa peninjoan agar ketersedian air untuk pengairan lahan pertanian tetap bertahan. Apalagi belakangan ini dengan kondisi Bali yang dilanda musim kemarau yang berkepanjangan sehingga berdampak pada menurunnya debit air. Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa dengan dibersihkannya eceng gondok di sekitar bendungan ini akan berdampak pada kebersihan area bendungan dan ekosistem biota air yang hidup di bendungan tersebut dapat hidup dengan baik.

Harapan kedepanya pemeliharaan irigasi sungai seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, sehingga mampu menjaga ketahanan pangan dengan cara menjaga sumber air dan aliran air, seperti yang telah disampaikan oleh bapak SEKDES tersebut. Sungai yang aliran airnya bagus tidak tertutup dengan tanaman liar, akan mengalir secara deras dari hulu hingga ke hilir, dengan demikian akan berdampak pada proses pertanian yang nota bene berada di hilir dari bendungan tersebut.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO COVID-19 DI INDONESIA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:136
    Kemarin:314
    Total Pengunjung:40.971
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.226.241.176
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 3.395 Kali
Profil Desa
29 Juli 2013 | 3.395 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
01 Juni 2018 | 3.395 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
30 April 2014 | 3.395 Kali
PKK
01 Juni 2018 | 3.395 Kali
Karang Taruna
24 Agustus 2016 | 3.395 Kali
Visi dan Misi
01 Juni 2018 | 3.395 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Peninjoan