• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

LOMBA GEBDING RARE DAN NGUWACEN AKSARA BALI SEBAGAI PENUTUP BULAN BAHASA BALI

25 Februari 2020 admin-peninjoan Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Selasa (25/2) Pelaksanaan bulan Bahasa Bali tahun 2020 Desa Peninjoan resmi ditutup. Penutupan serangkaian lomba bulan Bahasa bali ini ditutup setelah dilaksanakannya lomba megending rare dari masing-masing PAUD yang ada di wilayah desa peninjoan dan lomba nguwacen aksara bali daha truna yang merupakan perwakilan dari masing-masing banjar adat di lingkungan desa peninjoan. Penutupan dilaksanakan secara sederhana dengan ditandai penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dan sekaligus penyerahan bingkisan kepada seluruh peserta lomba oleh bapak Sekretaris Desa Peninjoan yang pada kesempatan ini mewakili bapak Perbekel Peninjoan yang tidak bisda hadir karena mengikuti kegiatan di Denpasar.

Dalam Lomba megending rare diikuti oleh 8 orang peserta yang mewakili dari tiga PAUD yang ada di peninjoan, yakni PAUD banjar dinas kebon, PAUD banjar dinas pulesari dan PAUD Desa Peninjoan. Adapun juara-juara yang diperoleh dalam lomba megending rare ini yaitu ; juara 1 di peroleh oleh perwakilan PAUD Peninjoan, Juara 2 diperoleh perwakilan PAUD Kebon dan Juara 3 diperoleh oleh perwakilan dari PAUD Pulesari. Sedangkan untuk lomba nguwacen aksara bali tingkat deha truna diikuti oleh 15 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing yowana banjar adat dilingkungan desa peninjoan, dimana dalam kegiatan lomba ini yang hadir hanya 13 peserta. Dari 13 peserta lomba nguwacen aksara bali yang dicari juaranya hanya tiga orang peserta. Untuk juara lomba nguwacen akasara bali yakni juara 1 diproleh oleh perwakilan yowana banjar adat kebon kangin, juara 2 diproleh perwakilan yowana banjar adat bengang dan juara 3 diproleh perwakilan banjar adat manikaji. Namun saat pengumuman juara terdapat salah penyampaian dari dewan juri, akan tetapi sudah dapat diklarifikasi oleh para dewan juri dan panitia lomba.

Demikian perjalanan lomba-lomba serangkaian pelaksanaan bulan Bahasa bali di desa peninjoan yang telah berlangsung selama 3 hari, yang dimulai pembukaannya pada minggu 23 Pebruari 2020 dan ditutup hari ini pada tanggal selasa 25 pebruari 2020. Secara keseluruhan pelaksanaan lomba bulan Bahasa bali di desa peninjoan berjalan lancer sesuai rencana dan harapan semua pihak yang terlibat dalam acara ini. Sehingga pada tahun depan pelaksanaan semacam ini bisa terus dilaksanakan, untuk memotivasi dan mengedukasi para masyarakat khususnya generasi muda bali untuk selalu menjaga, melestarikan dan menyukai Bahasa, sastra dan aksara bali.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar