• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

MENYAMBUT LOMBA BULAN BAHASA BALI 2020, DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN RAPAT

15 Februari 2020 admin-peninjoan Berita Desa
MENYAMBUT LOMBA BULAN BAHASA BALI 2020, DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN RAPAT

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (15/2) Pemerintah desa peninjoan melaksanakan rapat koordinasi dengan berbagai setekholder dalam membahas mengenai pelaksanaan lomba bulan Bahasa Bali. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 Wita yang bertempat di ruang pertemuan perbekel desa peninjoan, yang dihadiri oleh Perbekel Peninjoan, Sekretaris Desa, Ketua beserta anggota BPD, Ketua LPM beserta anggota, TP PKK Desa, Bendesa Adat Se-Desa Peninjoa, Kelian Banjar dinas dan Banjar Adat, Penyuluh Basa Bali Desa Peninjoan, kepala SD dan PAUD Se-Desa Peninjoan dan undangan lainnya yang terkait pelaksanaan lomba bulan Bahasa Bali.

Acara yang dibuka oleh Perbekel Peninjoan yang menyampaikan bahwa pelaksanaan bulan Bahasa Bali ini merupakan program dari Bapak Gubernur Bali. Dalam kegiatan lomba bulan Bahasa Bali ini Desa Peninjoan menyelenggarakan berbagai lomba yang bernuasa budaya dan adat bali yang terbentuk dalam beberapa katagori lomba. Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan desa peninjoan ; Nyurat Aksara Bali, Nguwacen Aksara Bali, Pidartha Basa Bali, Mesatwan Bali, Gending Rare, Festival Pesantian, dan lomba-lomba lainnya yang pesertanya dari berbagai unsur-unsur masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa maupun PKK dan Bendesa Adat.

Dalam kegiatan ini Sekdes Peninjoan juga menambahkan beberapa hal yang terkait masalah lomba-lomba bulan Bahasa Bali. Dirinya menambahkan beberapa terkait masalah teknis dan mekanismenya dalam pelaksanaan lomba bulan Bahasa Bali ini. Yang sangat ditekankan oleh Sekdes Peninjoan agar para peserta tidak serta merta hanya memandang hadiah juara, namun ada hal yang lebih mendasar dalam kegiatan lomba ini yakni merupakan bersama-sama untuk mengajegkan sastra dan budaya Bali. Sehingga dengan kegiatan lomba bulan Bahasa bali ini masyarakat memiliki rasa bangga dan termotivasi akan budaya adat Budaya Bali. Demikian beberapa hal yang ditekankan oleh Sekdes Peninjoan dalam penyampaiannya.

Selain itu penyampaian katagori lomba dilaksanakan oleh Penyuluh Bahasa Bali Desa Peninjoan yang terdiri dari beberapa kreteria lomba yakni ; lomba Nyurat Akasara Bali dengan Pesertanya SD yang ada di Desa Peninjoan, Lomba Gending Rare yang pesertanya PAUD yang ada di Desa Peninjoan, Lomba Pidato Bahasa Bali yang pesertanya Bendesa Se-Desa Peninjoan, Lomba Ngwacen Aksara Bali yang pesertanya Deha Truna Banjar Adat se- Desa Peninjoan, Lomba Masatwa Bali yang di wakili PKK dari masing-masing Banjar Dinas yang ada di Desa Peninjoan.

Demikian beberapa hal yang disampaikan dalam kegiatan koordinasi lomba bulan Bahasa Bali yang akan dilaksanakan pembukaanya 23 Pebruari 2020, dimana lomba akan diselenggarakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 23, 24, 25 Pebruari 2020.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar