• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

MASUK MUSIM PENGHUJAN, GASAL DESA PENINJOAN BERSIHNKAN GOT

04 Januari 2020 admin-peninjoan Berita Desa
MASUK MUSIM PENGHUJAN, GASAL DESA PENINJOAN BERSIHNKAN GOT

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (4/1) Perbekel beserta seluruh kaur, kasi dan staf desa peninjoan yang dibantu oleh anggota GASAL melaksanakan kegiatan bersih-bersih saluran got yang menuju jalur objek wisata alas metapa. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 wita yang dihadiri seluruh perangkat desa beserta GASAL membersihkan saluran got sepanjang jalan menuju objek wisata alas metapa.

Masuknya musim penghujan yang dimulai pada bulan desember lalu menyebabkan beberapa sampah yang dibawa arus air hujan menyumbat beberapa got-got yang ada di wilayah desa peninjoan, khususnya got yang ada di jalur objek wisata alas metapa. Dengan adanya dampak tersebut perbekel desa peninjoan I Putu Joantara mengambil inisiatif untuk mengerahkan seluruh jajarannya yang dibantu kelompok masyarakat sadar lingkungan untuk melakukan pembersihan di got-got yang menuju objek wisata alas metapa.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh perbekel ini melaksanakan pembersihan got yang dipusatkan pada got yang tertimbun lonsor di dekat tanjakan jalan menuju objek wisata alas metapa. Kendati penyebab terjadinya penyumbatan aliran air hujan yang menuju tukad blutbut ini diakibatkan tertutupnya got yang tertiban lonsor dari tebing yang berada di atas got tersebut.

Pada akhir kegiatan gotong royong pembersihan got ini, para perangkat desa yang dibantu GASAL telah berhasil membersihkan tumpukan tanah yang menutupi got yang tadinya tertutup. Harapan dengan dibersihkan tumpukan tanah ini akan berdampak pada lancarnya aliran air hujan menuju tukad blutbut sehingga aliran air hujan tidak lagi melober ke permukaan jalan. Dalam musim penghujan ini masyarakat dihimbau agar tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibawa ke got, jika hal itu dilakukan secara otomatis sampah-sampah tersebut akan menjadi penyebab tersumbatnya aliran air hujan yang mengalir di got. Dengan demikian masyarakat harus sadar akan pentingnya jangan membuang sampah sembarangan, apalagi di buang ke got-got.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar