• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

PEMBINAAN KEAGAMAAN DILAKSANAKAN PEMERINTAH DESA PENINJOAN

23 Desember 2019 admin-peninjoan Berita Desa
PEMBINAAN KEAGAMAAN DILAKSANAKAN PEMERINTAH DESA PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (23/12) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan pembinaan keagamaan kepada ibu-ibu PKK di lingkungan wilayah desa peninjoan. Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.30 waktu setempat yang bertempat di wantilan jaba Pura Dalem Agung Tampuagan. Acara yang dihadiri oleh bapak camat tembuku, ketua PHDI kecamatan tembuku, Ketua Majelis Desa Adat kecamatan tembuku, Perbekel Desa Peninjoan, Bhabinsa, Bhabinkabtibmas, dan para panitia pelaksana kegiatan beserta para peserta dan undangan lainnya yang diundang pada kegiatan tersebut. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini berdasarkan surat yang telah disebar ialah "Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap ajaran Agama Hindu maupun tentang Budaya dan Adat Bali agar dapat menubuhkembangkan kecintaan dan kepedulian terhadap Budaya dan Adat Bali serta meningkatkan Sradha Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa".

Kegiatan pembinaan keagamaan yang dibuka secara resmi oleh perbekel desa peninjoan, dengan menghadirkan 3 narasumber yaitu yang pertama bapak camat tembuku, kedua dari PHDI kecamatan tembuku dan ketiga MDA kecamatan tembuku. Adapun materi yang dibawakan masing-masing narasumber berbeda-beda, antara lain materi yang disampaikan oleh bapak camat tembuku merupakan materi yang bersifat umum. Selanjutnya materi yang disampaikan oleh PHDI kecamatan tembuku yakni terkait filosofi busana adat ke pura dan PHBS di Pura yang merupakan materi  pertama. Dan materi yang kedua dari PHDI yakni mengambil judul berupacara sesuai dengan kemampuan (upacara alit/nista,madya, uttama). Setelah penyampaian materi dari pihak PHDI kecamatan seterusnya dilanjutkan oleh bapak dari MDA dengan membawakan dua materi yakni yang pertama mengenai kedudukan dan peranan wanita dalam kehidupan masyarakat adat Bali dan yang kedua mengenai pelestarian adat bali.

Pembinaan keagamaan kepada para ibu PKK ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah desa peninjoan dalam hal meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap ajaran Agama Hindu di kalangan para ibu-ibu. Dengan dilaksanakan kegiatan pembinaan keagamaan ini diharapkan kedepannya para ibu-ibu PKK ini memiliki pemahaman beragama  yang benar sesuai dengan sastra Agama Hindu, Dresta, Adat dan Budaya Bali. Disamping itu pula kegiatan semacam ini akan mampu menumbuhkembangkan keyakinan yang mantap di hati para ibu-ibu dalam menjalankan kehidupan beragama maupun bermasyarakat. Harapan kedepannya kegiatan pembinaan keagamaan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan agar umat Hindu kedepannya semakin mampu memahami ajaran agama Hindu secara harmonis dan seimbang, dalam artian tidak hanya melaksanakan upacara semata, namun juga paham nilai-nilai filosofis dan nilai etika dari setiap kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh umat Hindu.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar