• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

PELATIHAN SID DILAKSANAKAN DESA PENINJOAN

14 Desember 2019 admin-peninjoan Berita Desa
PELATIHAN SID DILAKSANAKAN DESA PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (14/12) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan pelatihan sistem informasi desa kepada seluruh perangkat desa. Kegiatan yang dilaksanakan di aula pertemuan kantor perbekel peninjoan yang dimulai pada pukul 09.00 Wita. Adapun jumlah peserta dalam kegiatan pelatihan ini berjumlah 27 orang yang terdiri dari perangkat desa, staf desa dan operator SID desa peninjoan. Narasumber yang menjadi pemateri dalam pelatihan ini didatangkan dari dinas PMD kabupaten bangli dan yayasan  maha boga marga yang terdiri dari 3 orang narasumber. Acara yang dibuka secara resmi oleh bapak perbekel peninjoan, pada kesempatan i ini yang diwakili oleh bapak Sekdes Peninjoan I Wayan Suyasa.

Pada kesempatan ini sekdes peninjoan I Wayan Suyasa mengatakan bahwa pentingnya pelatihan SID ini di era sekarang apalagi di jaman serba digital ini. Dirinya juga mengatakan bahwa pelatihan SID ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Desa peninjoan. Sekdes juga menyampaikan pesan dari bapak perbekel peninjoan agar seluruh perangkat desa mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik.

Penyampaian materi yang pertama dari bapak Ngakan Putu Suarsana dengan materi gambaran umum mengenain aplikasi SID, sejarah SID dan perkembangan aplikasi SID dari tahun ke tahun. Pemateri yang kedua dilanjutkan oleh bapak pipit dengan materi tampilan aplikasi OPEN SID dan cara mempergunakan aplikasi OPEN SID ini. Dilanjutkan dengan materi Sistem Informasi Desa dan fungsi serta maanfaat dari SID itu sendiri dengan penayangan video salah satu desa yang ada di Indonesia yang telah mengembangkan sistem informasi desa ini.

Dalam kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan kegiatan praktek langsung dalam mempergunakan aplikasi OPEN SID yang diajarkan langsung oleh pemateri. Dimana para peserta nampak dengan serius mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik untuk mencapai sistem informasi desa yang berbasis partisifatif, sehingga kedepanya diharapkan data yang ada didesa terus di update terutama data kependudukan.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar