• Jln. Yudistira, Nomor 1, Br. Karang Suung Kaja, Desa Peninjoan, Tembuku-Banli
  • 0366 5501540
  • admin@peninjoan.desa.id

ALAS METAPA, DESTINASI WISATA SPIRITUAL PENINJOAN

08 November 2019 admin-peninjoan Berita Desa
ALAS METAPA, DESTINASI WISATA SPIRITUAL PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan merupakan Desa yang terletak di paling ujung timur kabupaten bangli yang wilayahnya berbatasan langsung dengan kabupaten karangasem. Desa yang memiliki paronama alam yang indah dan sejuk ini menjadi suatu pontensi desa yang mampu mengembangkan destinasi wisata yang berbasis panorama alam. Seperti yang telah dikembangkan baru-baru ini adalah wisata alam yang di beri nama Maha Praja dan juga destinasi wisata Dukuh Hill, kedua objek wisata ini menawarkan keindangan panorama alam berupa pemandangan yang indah di perbukitan yang ditambahkan dengan sport-sport selvi dalam menambah daya tarik pengunjung. Dengan demikian pengunjung yang datang ke dua objek wisata ini dapat menikmati indahnya alam, sekaligus kesejukannya alam pedesaan yang masih asri dan segar. Desa sebagai penghasil jamur tiram ini juga memiliki jalur treking yang indah yang baru dibuat baru-baru ini oleh TMMD, dimana jalan ini memecah perbukitan dan menembus aliran sungai, yang disekeliling jalan tersebut terdapat pemandangan perbukitan dan sawah yang indah.

Namun tidak itu saja, sekarang destinasi wisata yang paling menarik adalah Wisata Spiritual Alas Metapa. Objek wisata spiritual ini menawarkan panorama alam yang indah dan juga pengunjung dapat melakukan kegiatan melukat. Pengelukatan alas metapa baru-baru ini dirancang sebagai tempat wisata spiritual oleh pemerintah Desa Peninjoan. Dimana alas metapa memiliki 11 pancoran yang dipergunakan untuk melakukan kegiatan pengelukatan dengan di bawahnya ada kolam besar yang airnya sangat jernih. Selain terdapat 11 pancoran, pengelukatan alas metapa juga memiliki kolam besar di depan pancoran tersebut yang di dalamnya terdapat sumber mata air (klebutan) yang sangat besar dengan ditambahkan tanaman teratai dan ikan-ikan yang ada di dalam kolam tersebut.

Berkunjung ke objek wisata alas metapa, para pengunjung tidak usah khawatir masalah infrastruktur akomondasi jalan. Dimana jalan untuk menuju objek wisata spritual ini sudah sangat bagus dan memiliki tempat parkir yang luas, sehingga para pengunjung tidak khawatir lagi tentang masalah parkir kendaraannya. Selain para pengunjung dapat melakukan kegiatan melukat, di objek alas metapa ini pengunjung juga dapat melakukan kegiatan selvi, hal tersebut dikarenakan paronama alam disekitar pengelukatan alas metapa yang indah dan hujau, ditambah lagi dengan terdapat patung-patung naga yang berjejer di tempat pengelukatan yang mengeluarkan air dari mulutnya, disamping terdapat pura yang dibawahnya memiliki sumber air yang disucikan oleh masyarakat Desa Peninjoan.

Jadi jika para wisatawan berkunjung ke objek wisata alas metapa diharapkan membawa 1 pejati bagi pengunjung yang ingin melakukan pengelukatan. Pengelukatan alas metapa sendiri terdiri dari berbagai jenis tirtha, yang disimbolkan dalam pancoran yang berjejer mulai dari barat ke timur. Dimana pancoran yang paling barat merupakan Tirtha Sidamala, terus ditimurnya Tirtha Julit, Tirtha Dedari, Tirtha Barong, Tirtha Blutbut, Tirtha Mampeh, Tirtha Alas Metapa, Tirtha Tunggang dan yang paling timur Tirtha Surya. Dilihat dari jaraknya, objek wisata spiritual alas metapa tidak jauh dari kantor desa peninjoan, yang berjarak kurang lebih berjalan sekitar 2 km dari kantor desa peninjoan. Para wisatawan jika mau berkunjung ke objek wisata spiritual alas metapa juga dapat berkunjung ke Maha Praja maupun ke Dukuh Hill untuk bersantai ria  bersama keluarga, sahabat, pacar atau bersama komunitasnya. Demikian beberapa objek wisata yang terdapat di Desa Peninjoan, namun masih ada lagi potensi-potensi atau sport-sport alam yang bisa nantinya di kembangkan menjadi objek wisata yang akan mendukung Desa Peninjoan menjadi Desa Wisata yang indah kedepannya.  Sehingga kedepannya diharapkan mempu meningkatkan dan menggerakan perekonomian di Desa Peninjoan itu sendiri, dan tidak lupa juga  jika berkunjung ke Desa Peninjoan para wisatawan dapat membeli oleh-oleh jamur tiram langsung dari tempat budi daya jamur tiram itu sendiri.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar