Artikel

"GASAL" DESA PENINJOAN, LAKUKAN TIMBANG SAMPAH PLASTIK

29 September 2019 16:39:05 admin-peninjoan Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Minggu (29/9) GASAL Desa Peninjoan lakukan penimbangan sampah plastik bersama Dwik Bank Sampah Bangli. Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan  atau yang sering disingkat dengan sebutan GASAL ini, melakukan kegiatan penimbangan sampah plastik di Banjar Dinas Puraja dan Banjar Dinas Kebon Kangin. Hal ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara GASAL dengan Dwik Bank Sampah Bangli selaku Bank Sampah yang membeli dan mendaur ulang sampah-sampah plastik.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh petugas GASAL dari masing-masing Banjar Dinas di Ke 15 Banjar Dinas yang ada di Desa Peninjoan, bersama-sama dengan petugas dari Dwik Bank Sampah melakukan penimbangan terhadap sampah-sampah yang telah dikumpulkan dan dipilah oleh petugas GASAL. Sampah-sampah ini merupakan sampah rumah tangga maupun sampah-sampah yang ada di lingkungan Banjar Dinas masing-masing. Sampah-Sampah ini dikumpulkan terlebih dahulu oleh petugas GASAL di tempat penampungan sementara (TPS) yang sudah ada di masing-masing Banjar Dinas, setelah semua sampah tersebut terkumpul banyak, barulah dari pihak bank sampah datang untuk membeli sampah-sampah yang sudah dipilah sesuai dengan jenis dari sampah tersebut.

Dari kegiatan penimbangan sampah ini dapat dihasilkan sebanyak 35 kampil sampah plastik dan setelah dilakukan proses penimbangan rata-rata satu kampil sampah mencapai berat 3 kilogram. Berat sampah ini merupakan jumlah total dari hasil penimbangan sampah di dua Banjar Dinas yakni Banjar Dinas Puraja dan Kebon Kangin. Kegiatan semacam ini merupakan upaya dari Pemerintah Desa Peninjoan dalam memerangi sampah plastik, agar kedepannya Desa Peninjoan terbebaskan dari sampah plastik.  Disamping itu juga kegiatan yang dilaksanakan GASAL Desa Peninjoan ini merupakan upaya mendukung program pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli dan Pemerintah Desa Peninjoan.

Diharapkan melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh GASAL ini mampu mengedukasi masyarakat, pentingnya  memelihara, merawat, menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar agar tetap hijau dan asri serta terbebaskan dari dampak sampah plastik. Hal itu dikarenakan dampak dari pencemaran sampah plastik, berdampak sangat besar terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup di lingkungan sekitar. Selain mengganggu kelangsungan hidup makhluk, dampak dari sampah plastik juga berdampak  terganggunya ekosistem dari alam itu sendiri. Sehingga melalui kegiatan GASAL ini masyarakat diajak untuk bersama-sama menyadari pentingnya merawat dan menjaga lingkungan sekitarnya dari sampah plastik. Petugas GASAL juga mengajak masyarakat untuk mengumpulkan sampah plastik yang sudah dipilah dirumahnya masing-masing dan jangan di buang sembarangan ke ladang atau dilingkungan sekitar, hal tersebut dikarenakan akan diambil oleh petugas GASAL yang akan dikumpulkan di TPS yang nantinya akan dijual ke pihak Bank Sampah. Hal tersebut dikarenakan antara Pemerintah Desa Peninjoan melalui GASAL-nya sudah melakukan kerjasama dengan pihak Bank Sampah.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Perpustakaan Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung