PEMERINTAH DESA PENINJOAN BERSAMA GASAL KEMBALI LAKUKAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

14 Maret 2020
Administrator
Dibaca 732 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN BERSAMA GASAL KEMBALI LAKUKAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (14/3) Pemerintah desa peninjoan bersama Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan kembali bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan di seputar jalan raya peninjoan. Kegiatan yang dipimpin perbekel peninjoan ini dimulai pada pukul 09.00 wita yang mengambil lokasi di beberapa titik sepanjang jalan raya peninjoan. Dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan ini selain melibatkan GASAL turut ikut perangkat desa dan bhabinsa membantu kegiatan bersih-bersih lingkungan ini.

Pelaksanaan pembersihan lingkungan ini tim GASAL bersama perangkat desa bersama-sama membersihkan sampah-sampah yang mengganggu drenasa atau got, memotong rumput yang mengganggu bahu jalan serta memotong dahan-dahan pohon yang melewati atau menutupi jalan raya. Kegiatan pembersihan ini merupakan agenda rutin pemerintah desa peninjoan dalam hal mewujudkan desa peninjoan yang bebas dari sampah plastik dan menjaga wilayah desa agar tetap asri. Pembersihan lingkungan ini yang paling di pusatkan adalah di pangkung perbatasan banjar dinas peninjoan dengan banjar dinas karang suung kelod (tabunan puun). Disini GASAL bersama perangkat desa melakukan penebangan pohon-pohon yang mengganggu jalan raya serta membersihkan pangkung dari sampah plastik. Selain dilaksanakan disana pembersihan juga dilaksanakan di perempatan setra menuju Pura Dalem Agung Tampuagan, mengingat minggu-minggu ini akan dilaksanakan upacara ngusabha di Pura Dalem.

Dalam kesempatan ini Perbekel Peninjoan saat ditanya menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Peninjoan terutamanya Subak agar bersama-sama membersihkan dan menjaga drenasa dari rumput-rumput liar maupun sampah yang mengganggu aliran air hujan di drenasa atau got tersebut. Mengingat akhir-akhir ini desa peninjoan sering terguyur hujan deras, sehingga perlu melakukan perhatian khusus terhadap drenasa yang ada di lingkungan desa peninjoan. Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini akan dilakukan secara berkesinambungan oleh pihak pemerintah desa yang akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait di kabupaten bangli.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana