Artikel

POHON KELAPA TERSERANG HAMA, MASYARAKAT LAPORKAN KE PEMERINTAH DESA

12 Maret 2020 06:53:35  admin-peninjoan  7 Kali Dibaca  Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (12/3) Pohon kelapa di beberapa tempat di banjar dinas tampuagan terserang hama berjenis larva kembang kelapa. Kejadian ini telah dilaporkan oleh beberapa masyarakat yang pohon kelapanya terserang hama ini. Hama ini menyerang daun kelapa dibagian ujungnya sehingga daun kelapa menjadi membusuk dan kering. Masyarakat  melaporkan kejadian ini kepada pihak pemerintah desa peninjoan melalui kelian banjar dinas dan beberapa tokoh masyarakat, sehingga perbekel peninjoan mengambil keputusan untuk melakukan koordinasi dengan UPTD LAB. Perlindungan Tanaman dan Perkebunan di Kabupaten Gianyar. Namun sebelum dilakukan koordinasi kepada pihak terkait, Pemerintah Provinsi Bali melalui dinas kesehatan telah terlebih dahulu melakukan pengecekan kelapangan menganai hama yang menyerang pohon kelapa ini.

Dalam perlaksanaan koordinasi  ke UPTD LAB. Perlindungan Tanaman dan Perkebunan ini perbekel peninjoan didampingi bersama Bendesa Adat, Kelian Banjar Adat dan Kelian Banjar dinas Tampuagan serta PPL Wilbin Desa Peninjoan. Dalam koordinasi ini perbekel bersama para tokoh membahas terkait penanganan hama yang menyerang beberapa pohon kelapa di banjar dinas tampuagan ini. Sementara ini berdasarkan laporan masyarakat bahwa penyebab munculnya hama yang berjenis larva kembang kelapa ini disebabkan dari timbunan sekam, bekas gregajian kayu dan limbah jamur. Setelah dilaksanakan koordinasi kepada pihak UPTD, sementara ini  Pemerintah desa peninjoan diberikan beberapa obat semprot untuk menanggulangi hama penyerang pohon kelapa ini.

Dengan obat semprot ini diharapkan mempu mengendalikan sekaligus pencegah awal dari hama yang menyerang pohon kelapa ini, sehingga permasalahan ini dapat terselesaikan. Dalam penanggulan hama ini pihak pemerintah desa akan terus berupaya agar permasalah hama ini dapat terselesaikan.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO COVID-19 DI INDONESIA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:72
    Kemarin:314
    Total Pengunjung:41.279
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.106.142
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel