Artikel

GASAL BERSAMA PERANGKAT DESA LAKSANAKAN PEMEBERSIHAN DI MAPAGAN

07 Februari 2020 05:53:22  admin-peninjoan  5 Kali Dibaca  Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jumat (7/2) Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan atau yang disingkat GASAL bersama perangkat desa yang dipimpin langsung Perbekel Peninjoan melaksanakan pembersihan dreanasa dan rumput-rumput yang menutupi badan jalan di jalur Mapagan. Kegiatan yang dimulai kurang lebih pukul 08.00 Wita yang diikuti oleh GASAL, Perangkat Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan di bantu oleh mahasiswa KKN UNUD yang sedang melaksanakan KKN di desa peninjoan.

Pembersihan ini dilaksanakan secara gotong royong dalam membersihkan area badan jalan dari rumput-rumput liar yang mengganggu badan jalan maupun drenasa. Hal ini dilakukan mengingat akhir-akhir ini sedang terjadi musim hujan yang cukup lebat, sehingga perlu dilaksanakan pembersihan drenasa dan juga badan jalan agar aliran air hujan dapat berjalan lancar. Disamping itu juga kegiatan ini dilaksanakan sesungguhnya juga sebagai fungsi mengedukasi masyarakat sekitar agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah pada drenasa atau got, jangan sengaja menanam padang gajah di bahu jalan dan kegiatan membuang limbah kotoran ke jalan atau drenasa.

Dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan ini para tim pembersih yang terdiri dari perangkat desa, GASAL dan mahasiswa  KKN UNUD membawa berbagai perlengkapan pembersihan, yang salah satunya yang di bawa oleh GASAL ialah mesin pemotong rumput dan gregaji mesin untuk memotong kayu-kayu yang mengganggu jalur atau jalan yang ada di mapagan.

Harapan pemerintah desa kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan, khususnya disekitar tempat tingggal masing-masing sehingga dengan demikian akan berdampak secara luas di masyarakat umum. Hal ini dikarena masalah sampah adalah masalah yang menjadi perhatian dunia luas bukan hanya pihak desa maupun pemerintah akan tetapi ini masalah dunia, bagaimana cara menangani sampah. Dengan demikian diharapkan kedepannya secara bersama-sama masyarakat bergotong royong saling bahu membahu untuk bisa menjaga lingkungannya masing-masing agar tetap bersih dan asri. Kegiatan pembersihan ini tidak bisa dilakasnakan dan dijaga hanya dengan beberapa orang saja namun kebersihan itu harus dijaga serta dilaksanakan secara bersama-sama dengan penuh kesadaran oleh seluruh elemen masyarakat.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana, S.Pd

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO COVID-19 DI INDONESIA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:97
    Kemarin:286
    Total Pengunjung:40.364
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.3.228.47
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 2.918 Kali
Profil Desa
29 Juli 2013 | 2.918 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
01 Juni 2018 | 2.918 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
30 April 2014 | 2.918 Kali
PKK
01 Juni 2018 | 2.918 Kali
Karang Taruna
24 Agustus 2016 | 2.918 Kali
Visi dan Misi
01 Juni 2018 | 2.918 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Peninjoan