Artikel

BPD DESA PENINJOAN LAKSANAKAN MUSDES DI BANJAR KARANG SUUNG KAJA

03 Februari 2020 07:10:28  admin-peninjoan  5 Kali Dibaca  Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (3/2) Badan Permusyawatan Desa (BPD) melaksanakan musyawarah desa (MUSDES) yang membahas tentang penyelenggaraan pemerintahan desa peninjoan akhir tahun anggaran 2019. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 Wita yang bertempat di balai banjar Desa Adat Karang Suung Kaja yang dihadiri oleh Ketua beserta anggota BPD, Perbekel Peninjoan beserta seluruh kaur,kasi,staf desa, ketua LPM dan anggota, ketua dan pengurus TP PKK desa, ketua dan pengurus Karang Taruna Giri Kusuma, Bendesa adat se-desa peninjoan, kelian banjar Adat, kelian banjar dinas, kelian subak se-desa peninjoan, pengelola PAUD se-desa peninjoan, koordinator KPMD,PLKB, PPL Pertanian, Ketua dan pengurus BUMDES, Kepala Unit Pasar, Pengawas BUMDES, Pemusungan Pura Dalem Agung Tampuagan dan seluruh undangan yang terkait dengan  kegiatan MUSDES ini.

 Acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa bersama, pembukaan dari ketua BPD dan dilanjutkan dengan penyampaian penyelenggaraan pemerintahan desa tahun anggaran 2019 oleh perbekel desa peninjoan. Dalam kesempatan ini bapak perbekel desa peninjoan  I Putu Joantara menyampaikan beberapa hal terkait masalah penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2019 yang salah satunya adalah pelaporan laporan  anggaran wajib berbentuk tulisan dan pemberian informasi laporan melalui media informasi, dan pengembangan 10 program PKK. Setelah pemaparan dari bapak perbekel peninjoan acara dilanjutkan dengan penyampaian terkait pemerintahan desa dari sekretaris desa peninjoan. I Wayan Suyasa dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa hal terkait pertanggung jawaban pemerintahan desa selama anggaran tahun  2019, dirinya menyampaikan pemaparan ringkasan laporan anggaran akhir tahun 2019 diumumkan melalui baliho, web desa dan media informasi lainnya, pemaparan jumlah jiwa penduduk desa, luas desa, peraturan desa, pendapatan desa, pertanggung jawaban, silva subak, silva banjar, unit BUMDES, Unit pasar desa, posisi keuangan seluruh unit usaha, SHU (sisa hasil usaha) BUMDES Giri Kusuma total 59.261.113.67. Demikian beberapa hal yang disampaikan SEKDES desa peninjoan terkait penyelenggaraan pemerintahan desa tahun anggaran 2019 dalam kegiatan MUSDES oleh BPD desa peninjoan.

Dalam acara MUSDES ini juga ketua BUMDES Giri Kusuma I Wayan Ardana menyampaikan beberapa laporannya terkait perkembangan BUMDES saat ini, dirinya menyampaikan bahwa untuk menunjang perkembangan BUMDES kedepannya, dirinya sudah memiliki rencana kedepan untuk mengembangkan beberapa bidang usaha diantaranya ; bidang perdagangan yakni menyediakan alat tulis kantor (ATK), produk unggulan desa peninjoan, penyediaan selip mini, pengolahan air minum dengan kemasan sendiri, dan pengolahan sampah plastik menjadi vaving. Bidang pertanian yakni memproduksi benih padi dan penyediaan alat-alat pertanian. Bidang peternakan yakni program penetasan telur itik, Dan yang terakhir bidang pariwisata ialah pengelolaan objek wisata Alas Metapa. Demikian beberapa rencana dan usulan kedepannya terkait perkembangan BUMDES Giri Kusuma oleh ketua BUMDES.

 Selain itu dalam kesempatan ini juga dari pihak keamanan dan ketertiban desa peninjoan yakni Bhabinsa dan Bhabimkabtimas juga menyampaikan beberapa hal terkait isu-isu yang lagi tren saat ini yang sedang marak di masyarakat maupun dunia. Dirinya menyampaikan beberapa hal terkait isu tersebut diantaranya mengenai ; bahaya pornografi, Kasus HIV AIDS , Virus Corona, Narkoba, tertib lalu lintas dan saling menjaga keamanan dan kondusifisme dimasyarakat.

Demikian beberapa penyampaian-penyampaian secara umum yang disampaikan oleh beberapa unsur-unsur pemerintahan desa dalam kegiatan musyawaran desa ini. Dalam kegiatan ini pula dilaksanakan tanya jawab kepada seluruh undangan yang hadir pada kegiatan MUSDES ini, untuk menyampaikan masukan dan saran dalam penyelenggaraan pemerintahan desa kedepannya agar menjadi lebih baik lagi dari pemerintahan yang sebelumnya. Dan kegiatan ini ditutup secara resmi oleh ketua BPD.

 

                                                            Laporan Kontributor Jurnalis Desa :  Ni Luh Kharyasih

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


INFO COVID-19 DI INDONESIA

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:118
    Kemarin:286
    Total Pengunjung:40.385
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.3.228.47
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

29 Juli 2013 | 2.938 Kali
Profil Desa
29 Juli 2013 | 2.938 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
01 Juni 2018 | 2.938 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
30 April 2014 | 2.938 Kali
PKK
01 Juni 2018 | 2.938 Kali
Karang Taruna
24 Agustus 2016 | 2.938 Kali
Visi dan Misi
01 Juni 2018 | 2.938 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Peninjoan