TIM PENYUSUN RPJM DES LAKSANAKAN MUSBAR DI BANJAR DINAS KEBON KAJA

24 Januari 2020
Administrator
Dibaca 704 Kali
TIM PENYUSUN RPJM DES LAKSANAKAN MUSBAR DI BANJAR DINAS KEBON KAJA

SID Jurnalis Desa

Peninjoan, Jumat (24/1) Tim penyusun RPJM Desa melaksanakan musyawarah banjar di banjar dinas kebon kaja. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 Wita yang bertempat di balai banjar dinas kebon kaja, yang dihadiri  oleh ketua BPD, Perbekel Peninjoan, Bendesa adat kebon beserta jajaran, kelian banjar dinas, ketua tim penyusun RPJMDES beserta anggota tim, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan seluruh elemen masyarakat yang diundang dalam kegiatan ini.

Acara yang di buka dan dipandu oleh kelian banjar dinas kebon kaja yang dimulai dengan penyampaian selamat datang di banjar dinas kebon kaja kepada seluruh hadirin yang hadir dalam kegiatan musbar ini. Setelah penyampaian sembrama wecana dari kelian dinas kebon kaja, selanjutnya dilanjutkan dengan sembrama wecana dari anggota BPD dapil kebon yang juga menjadi Bendesa Adat Kebon. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari perbekel peninjoan sekaligus menyampaian visi-misi selama menjabat menjadi perbekel selama 6 tahun kedepan. Kegiatan musbar ini dilanjutkan dengan penyampaian tatacara dan dasar hukum pelaksananan penyusunan RPJM Desa oleh ketua tim penyusun RPJMDES  I Wayan Suyasa yang sekaligus juga sebagai Sekretaris Desa, dalam kesempatan ini juga ketua tim memperkenalkan anggota tim penyusun RPJMDES kepada masyarakat. Adapun usulan-usulan dan gagasan serta aspirasi masyarakat kebon kaja yaitu :

  1. Pembangunan jalan di banjar linggah
  2. Pengaspalan jalan kebon menuju kubakal
  3. Jalan di setra
  4. Ada warga yang terisolir
  5. Proses pemekaran desa
  6. Jalan rabat beton jalan pemelastian
  7. Pembangunan lapangan bola volley
  8. Tempat pembuangan sampah (TPS)
  9. Pembinaan pengerajin perak
  10. Pembinaan dan bantuan kepada kelompok tani ternak
  11. Bedah rumah untuk RTM
  12. Perlengkapan pendukung pecalang
  13. Pemeliharaan rabat beton di kebon kaja
  14. Pembangunan jalan ke genah petirtaan
  15. Pelatihan dan modal kepada pengerajin semat
  16. Pembinaan kepada pemangku
  17. Penambahan tim gasal di kebon kaja dan penambahan alat mesin cukur rumput
  18. Sarana dan prasarana olah raga
  19. Bantuan seragam PKK
  20. Pembinaan sekaa truna

Demikian beberapa usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat banjar dinas kebon kaja dari berbagai elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan musyawarah banjar ini untuk menggali dan menyerap berbagai aspirasi, ide dan gagasan yang ada di masyarakat agar dapat dimasukkan ke dalam penyusunan RPJMDES.