PENYERAPAN GAGASAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT DI BANJAR DINAS PAYUK

16 Januari 2020
Administrator
Dibaca 1.078 Kali
PENYERAPAN GAGASAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT DI BANJAR DINAS PAYUK

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (16/1) Tim 11 penyusunan RPJM Desa melaksanakan penyerapan gagasan dan aspirasi masyarakat di banjar dinas payuk. Kegiatan yang dimulai pada pukul 18.00 Wita yang bertempat di balai banjar dinas payuk ini dihadiri Perbekel peninjoan, Bendesa adat payuk beserta jajaran, ketua tim 11 beserta anggota dan seluruh elemen masyarakat banjar dinas payuk, baik tokoh adat,tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu-ibu PKK dan para pemuda/pemudi serta para undangan yang hadir pada kegiatan ini.

Acara yang dibuka oleh kelian banjar dinas payuk yang dimulai dengan penyampaian sambutan kepada para hadirin yang hadir pada kegiatan penyerapan gagasan dan aspirasi masyarakat banjar dinas payuk ini.  Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian visi-misi dari perbekel peninjoan dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai mekanisme penyusunan RPJM Desa oleh ketua tim 11 I Wayan Suyasa. Setelah penyempaian mekanisme penyampaian usulan dalam penyusunan RPJM Desa oleh ketua tim 11 dilanjutkan dengan penyampaian usulan -usulan dari masyarakat kepada tim 11 yang dipandu oleh kelian banjar dinas payuk. Dalam penyampaian usulan ini pemandu acara membagi beberapa sesi tanya jawab terkait usulan-usulan yang telah di sampaikan masyarakat banjar dinas payuk. Adapun usulan-usulan yang disampaikan oleh masyarakat banjar dinas payuk kepada pihak desa yaitu :

  1. Pembangunan di perhyangan atau pembangunan bangunan tempat suci yang sudah rusak
  2. Pembangunan di pawongan
  3. Pembangunan di pelemahan
  4. Senerginitas antara pemerintah desa, babinsa dan babhinkamtibmas.
  5. Pemebangunan fisik, non fisik dan jiwa masyarakat
  6. Pembangunan jalan ke geseng
  7. Tenaga kerja untuk di desa biar ada dari bengang atau payuk
  8. Potensi wisata di banjar dinas payuk bisa di kembangkan
  9. Penanganan sampah di banjar dinas payu
  10. Pembinaan kesenian di banjar dinas payuk
  11. Pelatihan tata rias ibu-ibu pkk banjar payuk
  12. Pelatihan membuat jajanan
  13. Pelatihan peningkatan serati banten
  14. Peningkatan kreativitas pemuda (fasilitas oleh raga)
  15. Sosialisasi Pendidikan kewarganegaraan di kalangan pemuda (sekaa truna)
  16. Penerangan jalan mepergunakan tenaga surya
  17. Penyedian pupuk
  18. Sosialisasi kesehatan terhadap pemuda
  19. Bedah rumah
  20. Irigasi di sawah belandingan

Dari ke 20 item tersebut yang diusulkan masyarakat dinas payuk, pada akhir acara musyawarah penyerapan gagasan ini, masyarakat banjar dinas payuk menyampaikan harapan yang besar agar usulan-usulan yang telah disampaikan dapat terealisasi sesuai harapan masyarakat banjar dinas payuk. Utamanya usulan mengenai jalan setapak menuju geseng dan penataan potensi pariwisata yang ada di banjar dinas payuk.