PEMDES PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT RUTIN BULAN APRIL 2021 SEKALIGUS PELATIHAN SDGs

06 April 2021
Administrator
Dibaca 591 Kali
PEMDES PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT RUTIN BULAN APRIL 2021 SEKALIGUS PELATIHAN SDGs

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Rabu (7/4/2021) Pemerintah Desa peninjoan melaksanakan rapat rutin bulan April 2021. Rapat yang dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di aula pertemuan kantor perbekel peninjoan yang dihadiri oleh Ketua BPD bersama anggota, Perbekel peninjoan, Sekretaris Desa bersama perangkat Desa, ketua LPM, dan undangan lainnya dalam rapat ini.

Rapat ini di buka langsung oleh bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara dengan menyampaikan agenda rapat yang akan di bahas dalam rapat rutin ini. Adapun agenda rapat rutin bulan April ini yaitu membahas pemekaran desa pulesari, penggunaan aplikasi SDGs Desa, Pengajuan BPUM kepada pengusaha UMKM. Dalam kesempatan ini bapak perbekel menyampaikan secara umum kepada para undangan rapat agar secara bersama-sama mendukung persiapan pemekaran desa pulesari, menurut bapak perbekel peninjoan menyampaikan bahwa pelaksanaan proses pemekaran akan dimulai bulan mei ini sesuai dengan register desa yang telah keluar.  Selain itu bapak perbekel juga mengingatkan akan dilaksanakan pelatihan aplikasi SDGs untuk para kelian banjar dinas yang akan menjadi pendata dalam aplikasi SDGs ini. Lebih lanjut mengenai pemekaran desa pulesari secara administrasi disampaikan oleh bapak sekretaris desa peninjoan I Wayan Suyasa, menurutnya dalam upaya mendukung pelaksanaan pemekaran desa pulesari dananya akan diambil dari perjalanan-perjalanan dinas perangkat desa. Selain itu sekdes menyampaikan bahwa secara administrasi untuk pemekaran desa persiapan masih akan dipelajari, namun secara umum perbekel yang menjabat di desa persiapan merupakan PJ dari kecamatan sesuai SK yang akan dikeluarkan oleh pemerintah kecamatan. Terkait aplikasi SDGs menurut bapak sekdes bahwa pendataan keluarga melalui aplikasi SDGs merupakan pekerjaan yang sangat berat, hal tersebut dikarenakan aplikasi ini terkoneksi secara langsung ke kementerian desa di pusat. Sehingga pekerjaan ini sangat memerlukan tenaga ekstra dalam melaksanakan tugas tersebut. Bapak perbekel peninjoan menambahkan terkait pemekaran desa bahwa penduduk di wilayah desa persiapan agar memepersiapkan diri untuk menjadi desa persiapkan dengan baik. Harapan bapak perbekel jangan sampai ada riak-riak kecil terkait masalah administrasi kependudukan di desa persiapan. Ketua BPD Desa Peninjoan I Made Yasa juga menyampaikan apresiasi kepada perbekel dan pemerintah desa peninjoan dalam perjuangannya untuk memekarkan desa. Harapan bapak ketua BPD, setelah dikeluarkan PJ Desa Pulesari (Desa Persiapan) agar masyakat mendukung dengan baik sehingga jangan sampai ada masalah-masalah di masa desa persiapan. Ketua LPM Desa Peninjoan juga menyampaikan beberapa hal dalam rapat ini, menurut ketua LPM bahwa rapat rutin ini merupakan kegiatan koreksi atau evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama sebulan. Ketua LPM menekankan terkait administrasi sudah berjalan sesuai aturan dan  dalam meningkatkan kinerjanya terutama perangkat desa agar dimaksimalkan terutama dalam persiapan proses pemekaran desa.

Rapat dilanjutkan dengan diskusi bersama para undangan yang hadir, dalam kesempatan ini anggota BPD Dapil kebon menyampaikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah rela memberikan dana oprasional perjalanan dinas untuk digunakan dananya di pergunakan untuk administrasi desa persiapan. Rapat diakhiri dengan pelatihan Aplikasi SDGs kepada bapak kelian banjar dinas se-desa peninjoan oleh bapak Pendamping Desa Peninjoan.