PEMDES PENINJOAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA KELIAN SUBAK SE-DESA PENINJOAN

04 Maret 2021
Administrator
Dibaca 677 Kali
PEMDES PENINJOAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA KELIAN SUBAK SE-DESA PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jumat (05/3/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melakukan rapat koordinasi bersama kelian subak se-desa peninjoan terkait penggunaan BKK Provinsi Bali Tahun 2021. Rapat yang dimulai pukul 09.00 yang bertempat di aula pertemuan kantor perbekel peninjoan yang dihadiri oleh Ketua BPD, Perbekel Peninjoan, Sekretaris Desa Bersama Kasi/Kaur yang membidangi dan seluruh pengurus sebuk di lingkungan desa peninjoan.

Rapat yang dibuka oleh bapak perbekel peninjoan dengan meyampaikan agenda rapat koordinasi ini. Adapun agenda rapat yang disampaikan oleh bapak perbekel yakni ; 1. Sosialisasi Petunjuk Teknis BKK Subak dan Subak Abian Provinsi Bali Tahun 2021, 2. Pembahasan Pelaksanaan Kegiatan BKK Subak dan Subak Abian Tahun Anggaran 2021, 3. Melengkapi data DURKP/Verifikasi Usulan. Dalam kesempatan ini bapak perbekel juga menekankan agar dalam mencari rekanan dalam pembangunan disubak agar mengutamakan rekanan yang ada di seputaran desa terlebih dahulu. Selain itu bapak sekdes peninjoan juga menyampaikan pemaparan secara umum mengenai juknis yang telah dikeluarkan oleh pemerintah provinsi bali terkait penggunaan anggaran BKK Tahun 2021 ini. Bapak sekdes juga menekankan kapada seluruh kelian subak agar di bulan maret ini sudah melaksanakan rapat untuk penyusunan perencanaan pembangunan atau kegiatan di masing-masing subak. Dalam penyusunan laporan kegiatan agar masing-masing subak mengambil dokumentasi berupa foto sesuai dengan prokes pencegahan covid-19. Penyuluh pertanian I Wayan Lasia juga menyampaikan beberapa hal bekaitan dengan daftar usulan pangan yang dapat diusulkan kepada dinas pertanian ialah seperti padi, jagung, dan kedelai untuk subak air. Sedangkan untuk subak abian atau sektor perkebunan ialah kopi kelapa dan yang lainnya. Dalam hal ini juga subak dapat mengajukan proposal untuk pengadaan alat-alat pertanian seperti traktor dan lain-lainnya untuk menunjang proses bercocok tanam.

Rapat diakhiri dengan diskusi bersama kelian subak/subak abian. Dimana salah satu kelian subak dari pulesari menyampaikan agar juknis yang diberikan bisa diperbanyak agar bisa disampaikan kepada krama subak. Dalam rapat ini kelian subak yang tidak hadir yakni kelian subak, subak karang suung kaja dan kelian subak pucak sari.