UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN, PEMDES PENINJOAN PERINGATI HPSN 2021

24 Februari 2021
Administrator
Dibaca 1.279 Kali
UNTUK MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN, PEMDES PENINJOAN PERINGATI HPSN 2021

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (25/2/2021) Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, pemerintah desa peninjoan melalui Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (GASAL)  melakukan pembersihan lingkungan di sepanjang jalan yudistira Desa peninjoan.  Bertepatan dengan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 (HPSN) Pemerintah Desa Peninjoan bersama-sama GASAL dan Babinsa dan perangkat desa melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan dengan cara memungut sampah-sampah yang ada disepanjang jalan yudistira peninjoan hingga di seputaran pasar peninjoan. Dalam kegiatan HPSN ini juga menindaklanjuti surat dari Sekretaris Daerah Kabupaten Bangli tanggal 18 Pebruari 2021 Nomor 660.1/324/DLH/II/2021 Prihal Hari Peduli Sampah Nasional.

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 wita ini mengambil start di depan kantor perbekel peninjoan dilanjutkan ke selatan menyusuri jalan yudistira dan berakhir di area pasar desa peninjoan.  Gerakan ini dilakukan oleh pemerintah desa peninjoan dalam rangka memperingati HPSN 2021 dan mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam hal penanganan sampah plastik, demi terwujudnya Bali yang Clean And Green. Sehingga upaya pemerintah desa peninjoan dengan dibentuknya kelompok masyarakat Sadar Lingkungan atau yang dikenal GASAL mampu menjadi pelopor kebersihan lingkungan di wilayah desa peninjoan. Dimana GASAL ini terdiri dari 17 orang anggota yang bertugas di masing-masing banjar dinas dan beberapa di objek wisata alas metapa dan area pasar peninjoan. Dengan adanya GASAL ini diharapkan peningkatan kebersihan lingkungan di wilayah desa peninjoan dapat terjaga secara baik. Dalam memperingati hari sampah nasional ini pemerintah desa peninjoan mengajak seluruh masyarakat desa peninjoan untuk bersama-sama menjaga, merawat dan menyayangi lingkungannya masing-masing, sehingga terbebas dari sampah plastik. Dengan demikian alam pun akan menyayangi kita semua sebagai manusia.

Di Hari  Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 ini pemerintah desa peninjoan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus berupaya menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing, hal itu dapat terwujud jika dilakukan secara bersama-sama dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Pemerintah desa tidak akan mampu melaksanakan itu semua tanpa dukungan dari seluruh masyarakatnya.