PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN UNTUK HARI RAYA SUCI TUMPEK WARIGA

14 Mei 2022
Administrator
Dibaca 302 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN MELAKSANAKAN KEGIATAN UNTUK HARI RAYA SUCI TUMPEK WARIGA
SID Jurnalisnya Desa Peninjoan,Sabtu (14/5/2022) Pemerintah Desa Peninjoan bersama Pemerintahan Desa Persiapan Pulasari melaksanakan kegiatan dalam rangka Hari Suci Tumpek Wariga sesuai Instruksi Gubernur Bali Nomor 06 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wariga Dengan Upacara Wana Kerthi Sebagai Pelaksanaan Tata-titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru, adapun kegiatan yang dilakukan diantaranya :
1. Kegiatan Niskala Upacara Wana Kerthi dengan melaksanakan Persembahyangan Bersama di Padmasana Kantor Perbekel Peninjoan dan Ngatag Pepohonan di areal Kantor Perbekel Peninjoan dimulai pukul 08.00 WITA yang di Puput oleh Jro Gede Dalem Agung Tampuagan.
2. Kegiatan Sakala Wana Kerthi dengan melaksanakan kegiatan Pemeliharaan dan Penanaman Pohon serta Kebersihan Lingkungan di Kantor Perbekel Peninjoan dan Kawasan Suci Alas Metapa dimulai Pukul 09.00 WITA.
Kegiatan dilaksanakan bersama antara unsur Pemerintahan Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari yang dirangkaikan dengan pelaksanaan BBGRM Tahun 2022, sedangkan jenis pohon yang ditanam diantaranya jenis tanaman upakara, tanaman obat, tanaman buah-buahan, dan jenis tanaman hias, adapun tamanan tersebut dibawa masing-masing oleh peserta kegiatan.