BULAN BAHASA BALI IV DESA PENINJOAN TAHUN 2022

25 Februari 2022
Administrator
Dibaca 426 Kali
BULAN BAHASA BALI IV DESA PENINJOAN TAHUN 2022

SID Jurnalisnya Desa
Peninjoan, (25/2/2022) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan Lomba Membaca Puisi Bahasa Bali tingkat Daa Truna dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali IV Tahun 2022 ini. Lomba yang dimulai pada pukul 09.00 wita yang bertempat di Kantor Perbekel Peninjoan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Camat Tembuku, Bendesa Alit MDA Kecamatan Tembuku, Perbekel Peninjoan yang diwakili oleh Sekretaris Desa bersama Perangkat, Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua PHDI Desa Peninjoan, PD, PLD, Penyuluh Bahasa Bali, Ketua TP PKK, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma Desa Peninjoan, dan seluruh peserta lomba dalam kegiatan bulan Bahasa Bali kali ini.
Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 ini diawali dengan pembukaan yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Merah Putih Benderan Tityange, dilanjutkan dengan Doa, dan sambutan dari bapak Perbekel Peninjoan yang diwakili oleh Sekretaris Desa Peninjoan sekaligus membuka Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 di Desa Peninjoan. Dalam kesempatan ini Sekretaris Desa Peninjoan menyampaikan bahwa kegiatan Bula Bahasa Bali ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali tepatnya pada bulan pebruari sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, harapan dari Pemerintah Desa tentunya ajang lomba ini yang diikuti oleh 15 Daa Truna dari 15 Banjar Dinas di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari bukan hanya untuk menjadi juara, akan tetapi mampu menjadi Duta Desa di Banjar masing-masing untuk melestarikan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali dan juga mengimplementasikan dimasyarakat terkait tema dari Bulan Bahasa Bali IV yaitu “Danu Kerthi : Gitaning Toya Ening”, selanjutnya sambutan dari Bendesa Alit MDA Kecamatan Tembuku dan Camat Tembuku yang intinya mengapresiasi kegiatan ini dan agar di tahun mendatang dilaksanakan lebih maksimal dari tahun ini, karena mengingat tahun ini masih dalam situasi Pandemi.
Dalam kegiatan ini panitia lomba mengundang tiga juri sebagai panureksa untuk menilai lomba tersebut. Dalam lomba bulan Bahasa Bali ini dapat disampaikan yang meraih juara sebagai berikut :
Juara 1 dimenangkan dari Banjar Dinas Payuk yaitu Riska Ayu Pratiwi, Juara 2 dimenangkan dari Banjar Dinas Karang Suung Kaja yaitu Ade Dwita Nia Sita Devi dan Juara 3 dimenangkan dari Banjar Dinas Karang Suung Kelod yaitu I Putu Febri Sastrawan. Lomba bulan Bahasa Bali Desa Peninjoan tahun 2022 ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dan penyerahan bingkisan bagi seluruh peserta lomba.