SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PENINJOAN DESA PENINJOAN DESA BERBASIS TEKNOLOGI

Artikel

PEMDES PENINJOAN LAKSANAKAN MUSRENBANG 2021

17 September 2021 08:52:12  Administrator  51 Kali Dibaca  Berita Desa

Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jumat (17/9/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) tahun 2021 dalam rangka pembahasan rancangan RKP Desa tahun 2022 dan daftar usulan RKP Desa tahun 2023. Musrenbang dimulai pukul 09.00 Wita yang bertempat di Wantilan Jaba Pura Dalem Agung Tampuagan yang di hadiri oleh Camat Tembuku yang wakili Kasi PMD, Perbekel Peninjoan, Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Ketua dan Anggota BPD, Sekretaris Desa Peninjoan bersama Kasi dan Kaur, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua dan Pengurus LPM, Ketua dan pengurus TP. PKK Desa, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma, Bendesa Adat di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, Kelian Banjar Dinas di wilayah Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari, PD, PLD, PLKB, PPL, Bides, Pengelola PAUD, Ketua BUM Desa Giri Kusuma, KPM, Tim Penyusun RKP Desa, Tim Verifikasi RKP Desa, Pengurus Yayasan Relawan Bali, Pengurus Yayasan Belajar Yuk Saiti, serta Perwakilan RTM dan Disabilitas. Acara di awali dengan prakata oleh pembawa acara, kemuadian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Merah Putih Bendera Tityange, doa dan dan dilanjutkan dengan pembukaan Musrenbang oleh Bapak Perbekel Peninjoan.

Dalam pembukaan Musrenbang Bapak Perbekel I Putu Joantara menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Musrenbang diantaranya Pemendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan tahapan penyusunan RKP Desa telah di mulai dari pelaksaan Musyawarah Desa Tahunan di bulan Juni yang lalu, dan selanjutnya telah di bentuk TIM Penyusun RKP Desa dan Tim Verifikasi RKP Desa yang telah melaksanakan tugasnya sehingga rancangan RKP Desa dapat di sampaikan dalam Musrenbang hari ini, Bapak Perbekel juga menambahkan bahwa tahapan pelaksaan pembangunan Desa dimulai dari Pendataan Desa, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban, dan semua itu adalah merupakan satu kesatuan.

Acara selanjutnya adalah pemaparan atau penyampaian laporan Penyusunan RKP Desa oleh Ketua Tim Penyusun RKP Desa yang dijabat oleh Sekretaris Desa Peninjoan I Wayan Suyasa, dalam laporannya disampaikan bahwa seperti yang sudah di sampaikan oleh Bapak Perbekel dalam pembukaan bahwa Tim telah melaksanakan penyusunan sehingga pada hari ini dapat dilaksanakan Musrenbang Desa, dan materi rancangan telah dibagikan kepada peserta untuk dapat dipelajari dan kami menunggu masukannya, perlu kami sampaikan bahwa dalam Musrenbang kali ini kita akan membahas pencermatan evaluasi laju pencapaian SDGs Desa yang merujuk pada Sistem Informasi Desa, rancangan RKP Desa tahun 2022 terkait dengan pembidangan program dan kegiatan beserta sumber pendanaannya, prioritas program dan/atau kegiatan yang difokuskan pada upaya mewujudkan pencapaian SDGs Desa yang sudah ditetapkan dalam dokumen RPJM Desa, Daftar Usulan RKP Desa Tahun 2023 dan Penunjukan Delegasi Desa yang akan menghadiri Musrenbang Kecamatan tahun 2022. Ketua Tim juga memaparkan terkait program-program atau kegiatan yang menjadi pertimbangan untuk di prioritaskan dalam penyusunan RKP Desa Tahun 2022.

Selanjutnya Bapak Perbekel meminta tanggapan, masukan, saran kepada peserta Musrenbang serta melakukan penunjukan Delegasi Desa yang akan menghadiri Musrenbang Kecamatan tahun 2022. Peserta Musrenbang dapat menerima rancangan yang dibuat, setelah mendapat penjelasan dari Bapak Perbekel terkait Pagu Anggaran Pendapatan Desa yang belum maksimal sejak pandemic Covid-19 melanda, dan masih banyak kegiatan dalam RKP tahun sebelumnya belum terdanai.

Acara dilanjutkan dengan Pengarahan Camat yang di wakili Kasi PMD berkaitan dengan singkornisasi kegiatan antara Desa dan Pemerintah Daerah serta untuk Daftar Usulan RKP Desa agar diusulkan yang menjadi prioritas utama. Kemudian Pengarahan dari Bapak Penjabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari yang terakhir pengarahan dari Pendamping Desa. Setelah rancangan dapat disepakai dan dibacakan kesimpulan dan penandatangan Berita Acara Musrenbang, sebelum acara di tutup dilaksanakan penyerahan paket sembako dari Yayasan Relawan Bali kepada perwakilan RTM dan Disabilitas yang menghadiri Musrenbang. Demikian Musrenbang Desa Peninjoan Tahun 2021.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


WA PELAYANAN DESA

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Peta Desa

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:891
    Total Pengunjung:304.594
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.232.99
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

24 Agustus 2016 | 75.407 Kali
Visi dan Misi
29 Juli 2013 | 75.397 Kali
Profil Desa
01 Juni 2018 | 75.361 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Peninjoan
29 Juli 2013 | 75.355 Kali
Badan Permusyawaratan Desa
30 April 2014 | 75.351 Kali
PKK
01 Juni 2018 | 75.345 Kali
Karang Taruna
03 November 2018 | 75.345 Kali
BUMDESA PENINJOAN