PEMDES PENINJOAN IKUTI VICON SOSIALISASI IMENDAGRI 22 DAN 23 TERKAIT PPKM MIKRO

21 Juli 2021
Administrator
Dibaca 534 Kali
PEMDES PENINJOAN IKUTI VICON SOSIALISASI IMENDAGRI 22 DAN 23 TERKAIT PPKM MIKRO

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis 22/7/2021 Pemerintah Desa Peninjoan mengikuti VICON Sosialisasi IMENDAGRI 22 DAN 23 yang dilaksanakan oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa. VICON diikuti dari Ruang Perbekel Desa Peninjoan pada Pukul 12.00 WITA. Kegiatan VICON ini diikuti oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan, Pejabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari dan Bapak Sekretaris Desa Peninjoan.

Dalam VICON ini dibuka langsung oleh Dirjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri. Dalam pembukaannya menyampaikan tujuan diselenggarakannya VICON ini untuk sosialisasi IMENDAGRI 22 DAN 23 yang berkaitan PPKM Mikro di Jawa dan Bali. Selain itu bapak Dirjen menyampaikan kebijakan-kebijakan Pemerintah selama pemberlakuan PPKM Mikro Jawa dan Bali. Menurut Bapak Dirjen mengevaluasi pelaksanaan PPKM Darurat yang telah disampaikan berdasarkan asesmen menyatakan selama pelaksanaan PPKM Darurat dari tanggal 3 Juli hingga 20 Juli menunjukkan penurunan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dalam vicon ini juga disampaikan beberapa daerah sesuai dengan level pelaksanaan PPKM Mikro ini, dalam IMENDAGRI ini ditetapkan ada level 3 dan level 4 sesuai dengan masing-masing daerah zona penyebaran Covid-19. PPKM mikro ini juga diharapkan untuk mengaktifkan kembali posko Satgas Covid-19 yang ada di tingkat Desa dan RT, RW serta membentuk posko Satgas Covid-19 bagi Desa yang belum membentuk posko Covid-19. Dalam pembiayaan kegiatan posko Covid-19 tingkat Desa dibebankan di Dana Desa. Dirjen juga meminta agar Gubernur dan Kabupaten/kota untuk mensosialisasikan secara terus-menerus terkait dengan PPKM mikro ini. Dalam VICON ini juga dilaporkan realisasi Dana Desa untuk penanganan Covid-19 dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Selain itu juga dijelaskan mengenai langkah-langkah strategis penanganan Desa untuk pelaksanaan PPKM mikro dan posko Desa untuk menangani Covid-19.

Materi selanjutnya disampaikan oleh BNPB yang menyampaikan pelaksanaan PPKM Mikro di Jawa dan Bali yang menjadi penekanan ialah penekanan pembentukan posko tinkat Desa dan Kelurahan. VICON di akhiri dengan diskusi bersama terkait penerapan PPKM Mikro di Desa atau Kelurahan.