PERKUAT KEAMANAN DESA ADAT, BENDESA ADAT KARANG SUUNG KELOD RAPATKAN SIPANDU

26 Juni 2021
Administrator
Dibaca 822 Kali
PERKUAT KEAMANAN DESA ADAT, BENDESA ADAT KARANG SUUNG KELOD RAPATKAN SIPANDU

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (26/6/2021) Perkuat keamanan Desa Adat, Bendesa Adat Karang Suung Kelod Sang Made Subrata merapatkan SIPANDU BERADAT. Kegiatan yang dihadiri oleh Bapak Perbekel Peninjoan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan, Kelian Banjar Dinas dan Prajuru Adat serta elemen masyarakat yang menjadi anggota Sistem Keamanan Terpadu Berbasis Desa Adat atau yang disingkat dengan SIPANDU BERADAT. Kegiatan rapat ini dimulai pukul 18.00 WITA yang bertempat di Balai Adat Desa Adat Karang Suung Kelod.

Rapat yang dipimpin oleh Bendesa Adat ini diawali dengan menyampaikan agenda rapat, adapun agenda rapat yang dibahas mengenai tugas dan fungsi dari SIPANDU BERADAT ini. Dalam SK yang telah dibuat yang menjadi pembina dari SIPANDU BERADAT ini ialah Bapak Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan, dengan Pengarah ialah Bapak Perbekel Peninjoan dan di Koordinir oleh Bendesa Adat Karang Suung Kelod bersama Prajuru Adat, serta yang menjadi anggota ialah dari unsur Pecalang, linmas dan tokoh masyarakat dan agama. Dalam kesempatan ini Bapak Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan yang merupakan selalu Pembina SIPANDU BERADAT menyampaikan dasar hukum yang mendasari dibentuknya SIPANDU BERADAT ini, dan juga menyampaikan beberapa hal terkait tugas,fungsi dan wewenang dari SIPANDU BERADAT ini. Dari salah satu penyampaiannya bahwa tugas dan fungsi SIPANDU BERADAT ini merupakan ujung tombak dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wewidangan Desa Adat Karang Suung Kelod. Selain itu Bapak Babinsa Desa Peninjoan yang merupakan selaku pembina juga menyampaikan beberapa hal kepada anggota SIPANDU BERADAT ini. Beliu menyampaikan bahwasannya keamanan Desa Adat merupakan tanggungjawab bersama, jika Keamanan hanya diberikan kepada aparat,hal itu sangat terbatas mengingat sedikitnya aparat yang ada di Desa, sehingga diharapkan dengan adanya SIPANDU BERADAT ini dapat membantu para aparat keamanan untuk mengamankan wilayahnya masing-masing.

Bapak Perbekel Peninjoan yang merupakan selaku pengarah dalam hal ini menyampaikan agar kedepannya pengurus dan anggota SIPANDU BERADAT ini diberikan pembinaan-pembinaan terkait dengan tugas pokok,fungsi dan wewenang yang dimiliki dari organisasi SIPANDU BERADAT ini.