PEMDES PENINJOAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI TERKAIT BKK TAHUN 2021

14 Juni 2021
Administrator
Dibaca 576 Kali
PEMDES PENINJOAN LAKUKAN  RAPAT KOORDINASI TERKAIT BKK TAHUN 2021

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Selasa (15/6/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melakukan rapat koordinasi bersama terkait Bantuan Keuangan Khusus Tahun 2021. Rapat dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di Aula Pertemuan Kantor Perbekel Peninjoan, yang dihadiri oleh Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bendesa Adat Se- Desa Peninjoan, Kelian Banjar Adat Se-Desa Peninjoan, Kelian Subak dan Subak Abian Se- Desa Peninjoan, Sekdes, Kaur, Kasi dan Staf Desa Peninjoan.

Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara, dengan menyampaikan agenda rapat koordinasi hari ini. Adapun agenda rapat yang di bahas dalam rapat ini yakni ; pertama permbahasan atau mensosialisasikan BKK Provinsi dan Kabupaten, kedua; Perubahan Juknis BKK Subak, ketiga; pelaksanaan kegiatan BKK dan Perencanaan BKK Tahun 2022.  Dalam kesempatan ini juga Bapak Perbekel Peninjoan mensosialisasikan kebijakan-kebijakan Pemerintah Khususnya Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Mensosialisasikan  Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber dan Ranperdes Pelestarian Lingkungan dan Sapta Pesona dalam Pengembangan Desa Wisata. Bapak Perbekel Peninjoan juga menyampaikan hasil study banding ke Desa Taro terkait pengelolaan sampah berbasis sumber yang dilaksanakan di Desa Taro, dengan hasil study banding ini diharapkan dapat menginspirasi Desa Peninjoan terkait dengan pengelolaan sampah berbasis sumber. Dalam kesempatan ini bapak Sekretaris Desa Peninjoan menyampaikan Juknis Penggunaan BKK Subak terkait kegiatan Subak, baik BKK Provinsi dan Kabupaten yang terjadi perubahan jumlah nominal yang diberikan dari awalnya 50 juta menjadi 25 juta. Bapak Sekdes juga mengingatkan kepada seluruh kegiatan subak agar didokumentasikan baik itu kegiatan upacara keagamaan maupun dokumentasi rapat-rapat, yang nantinya akan dipergunakan sebagai laporan. Dalam rapat ini juga disampaikan oleh Bapak Sekdes agar kelian subak sudah membuat Perencanaan BKK Tahun 2022. Bapak Perbekel Peninjoan dalam proses pelaporan BKK subak agar dalam dokumentasi  dilaksanakan dengan baik sehingga pelaporannya didukung dokumentasi yang baik.

Setelah beberapa penyampaian yang telah disampaikan oleh Bapak Perbekel dan Bapak Sekdes, rapat dilanjutkan dengan diskusi bersama terkait agenda rapat yang telah disampaikan. Dalam diskusi ini beberapa masukan dan pertanyaan disampaikan oleh Kelian Banjar Adat Tampuagan dan Bendesa Adat Payuk yang memberikan masukan terkait penanganan sampah plastik berbasis sumber di wilayah desa peninjoan. Selesai melakukan diskusi bersama para peserta rapat, Bapak Perbekel Peninjoan memberikan solusi dari setiap pertanyaan dan permasalahan yang disampaikan oleh para peserta rapat.