PEMDES PENINJOAN CAIRKAN BLT DD TAHAP ENAM DI TAHUN 2021

13 Juni 2021
Administrator
Dibaca 596 Kali
PEMDES PENINJOAN CAIRKAN BLT DD TAHAP ENAM DI TAHUN 2021

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (14/6/2021) Pemerintah Desa Peninjoan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Bulan Mei di tahun 2021. Pencairan dimulai pukul 10.00 wita yang bertempat di aula kantor pertemuan Perbekel Peninjoan. Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Bapak Perbekel peninjoan I Putu Joantara bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, Sekdes Peninjoan, PLD dan Kasi Pelayanan bersama Kaur Keuangan. Dalam kesempatan ini Bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara, sebelum penyerahan bantuan menyampaikan kepada KPM agar selalu mengingat tahap-tahap pemberian BLT yang diberikan agar saat ada pemeriksaan tidak terjadi kesalahan komunikasi. Demikian pesan yang disampaikan oleh Bapak Perbekel kepada KPM penerima BLT DD.

Penyerahan BLT DD ini diberikan kepada masyarakat yang dinyatakan layak menerima bantuan berdasarkan penetapan hasil musdes BPD Desa Peninjoan beberapa bulan lalu. Dari hasil musdes tersebut ditetapkan masyarakat penerima manfaat BLT DD sebanyak 50 KPM, Namun setelah ditetapkan dan sebelum pencairan salah satu penerima/ KPM telah mendapatkan BST susulan oleh dinas sosial. Selain itu ada juga 3 KPM lagi yang telah mendapat bantuan dari Pemerintah, dengan demikian KPM tersebut mengembalikan bantuan BLT DD yang telah diterima.  Sehingga total keseluruhan penerima manfaat BLT DD Desa Peninjoan saat ini menjadi 46 KPM. Pemberian BLT DD ini diberikan selama 12 bulan dengan jumlah nominal setiap bulannya sebesar 300.000 rupiah. Masyarakat penerima BLT DD ini tersebar di 15 Banjar Dinas di desa peninjoan dengan masing-masing banjar dinas tidak  sama jumlah penerima manfaat BLT DD tersebut. Hal tersebut menyesuaikan dengan KPM yang layak menerima BLT DD sesuai keputusan Musdes BPD yang telah ditetapkan. Untuk pencairan BLT DD ini dilakukan dalam sehari dengan jadwal dan waktu yang telah diatur, hal itu dilaksanakan untuk mengatur jumlah KPM yang hadir ke kantor Desa. Dalam proses penyerahan BLT DD sudah mengikuti prokes pencegahan Covid-19 secara ketat sehingga diharapkan tidak terjadi kelaster baru dalam penyebaran Covid-19.

Harapan dari pemerintah desa peninjoan kepada KPM agar memanfaatkan BLT ini dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.