YAYASAN BELAJAR YUK SAITI LAKUKAN DISKUSI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KANTOR DESA PENINJOAN

24 Maret 2021
Administrator
Dibaca 639 Kali
YAYASAN BELAJAR YUK SAITI LAKUKAN DISKUSI KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI KANTOR DESA PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (25/3/2021) Yayasan belajar yuk saiti melakukan diskusi bersama dengan pemerintah desa terkait dengan kebersihan lingkungan di wilayah desa peninjoan. Diskusi dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di aula pertemuan kantor perbekel peninjoan yang dihadiri oleh ketua BPD, Perbekel Peninjoan, Bhabinkamtibmas, kelian Banjar Dinas se-Desa Peninjoan, GASAL dan Ketua dan Pengurus Yayasan Belajar yuk saiti.

Dalam kegiatan diskusi ini diawali dengan pembagian paket sambako kepada beberapa lansia sebanyak 30 orang di wilayah desa peninjoan. Setelah selesai pembagian sembako, acara dilanjutkan dengan diskusi terkait kebersihan lingkungan yang dibuka oleh bapak perbekel peninjoan. Dalam sambutannya bapak perbekel menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan merupakan menjadi program pemerintah desa yang direalisasikan dalam program GASAL yang menjadi garda terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan di desa peninjoan. Bapak perbekel juga mengajak secara bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan  di seluruh wilayah desa peninjoan. Dalam diskusi ini diharapkan mampu menghasilkan inovasi-inovasi dalam penanganan sampah di desa peninjoan. Menurut Yayasan belajar yuk saiti diskusi ini merupakan upaya menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas lingkungan yang bersih, asri dan sehat. Dalam kesempatan ini pendiri Yayasan belajar yuk saiti menyampaikan latar belakang, visi dan misi, program-program Yayasan yang secara umum bergerak di bidang sosial kemanusiaan dan kebersihan lingkungan serta keperdulian lingkungan. Menurut pendiri Yayasan menyampaikan bahwa masalah sampah merupakan masalah kompleks yang permasalahannya masih perlu dicarikan solusinya secara bersama. Salah satu badan pengawas menyampaikan agar kegiatan Yayasan belajar yuk saiti ini bisa menyasar kebersihan di lingkungan perhyangan atau pura-pura. Ketua BPD Desa peninjoan juga menyampaikan beberapa hal dalam diskusi ini. Ketua BPD memberikan masukan dan harapan bagaimana Yayasan itu mampu meningkatkan tarap hidup masyarakat berupa life skill atau keterampilan untuk mengerjakan sesuatu. Dalam diskusi ini bhabunkamtimas juga menyampaikan beberapa pandangannya tekait dengan materi diskusi yang disampaikan. Bapak bhabinkamtibmas sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Yayasan-yayasan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat desa peninjoan. Kelian banjar dinas banjar payuk Bapak Made Tanda sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan maupun pengelolaan sampah  maupun MOU dengan Bank Sampah. Harapan bapak tanda agar kegiatan kebersihan sampah bisa berlanjut seterusnya dari kegiatan Yayasan belajar yuk saiti.

Diskusi disimpulkan bahwa harapan para tokoh-tokoh masyarakat kepada Yayasan belajar yuk saiti agar bisa membantu masyarakat yang kurang mampu bantuan dan memberikan ketrampilan hidup untuk meneruskan hidup mereka, serta tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri sesuai dengan harapan bersama, sehingga terwujudnya desa peninjoan yang bebas dari sampah dan asri.