PEMDES PENINJOAN LAKUKAN SOSIALISASI PERDES DAN SOSIALISASI DESA PERSIAPAN PULASARI DI BD KARANG SUU

31 Oktober 2021
Administrator
Dibaca 479 Kali
PEMDES PENINJOAN LAKUKAN SOSIALISASI PERDES DAN SOSIALISASI DESA PERSIAPAN PULASARI DI BD KARANG SUU

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Minggu (31/10/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melakukan sosialisasi Perdes kepada masyarakat Banjar Dinas Karang Suung Kaja dan sekaligus mensosialisasikan Desa Persiapan Pulasari, serta Sosialisasi pemilihan Kelian Banjar Dinas Karang Suung Kaja. Sosialisasi ini telah terlaksana sebelumnya di seluruh Banjar Dinas Se-Desa Persiapan Pulasari. Kegiatan Sosialisasi ini dimulai Pukul 18.00 WITA yang bertempat di Balai Banjar Dinas Karang Suung Kaja yang dihadiri oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan, Pejabat Perbekel Desa Persiapan Pulasari, Anggota BPD, Ketua LPM, Sekretaris Desa, Kasi, Kaur dan Staf Desa Peninjoan, , Prajuru Banjar Adat Karang Suung Kaja , Kelian Banjar Dinas Karang Suung Kaja serta masyarakat yang diundang dalam kegiatan ini mulai dari tokoh masyarakat, tokoh Agama, PKK dan Sekaa Truna-Truni.

Sosialisasi dipandu oleh Bapak Kelian Banjar Dinas Karang Suung Kaja dan dilanjutkan dengan penyampaian Bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara dengan menyampaikan maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. Beliau menyampaikan dalam sosialisasi ini menyampaikan tiga agenda yakni Sosialisasi Peraturan Desa Peninjoan, sosialisasi Desa Persiapan Pulasari dan Sosialisasi Pemilihan Kepala Wilayah Banjar Dinas Karang Suung Kaja. Dalam kesempatan ini Bapak Perbekel Peninjoan menyampaikan bagaimana persiapan Desa Persiapan Pulasari dalam bidang administrasi maupun bidang struktur organisasi yang akan dipersiapkan kedepannya oleh Desa Persiapan Pulasari. Dalam sosialisasi ini bapak Perbekel Peninjoan menyampaikan kesepakatan-kesepakatan antara Desa Peninjoan dan Desa Persiapan Pulasari mengenai masyarakat yang berada di perbatasan kedua wilayah Desa masing-masing. Secara kestrukturan di Desa Persiapan Pulasari, Bapak Perbekel Peninjoan menyampaikan akan merekrut Perangkat Desa untuk mengisi struktur Organisasi Desa Persiapan Pulasari seperti Kasi dan Kaur. Setelah penyampain materi pengangkatan perekrutan perangkat Desa Persiapan Pulasari, bapak Perbekel menyampaikan mekanisme pemilihan Kelian Banjar Dinas Karang Suung Kaja yang akan dilaksanakan beberapa bulan kedepan ini.

Selain itu Bapak Perbekel juga menyampaikan peraturan Gubernur tentang kebersihan lingkungan dan Pengelolaan Sampah berbasis sumber yang telah di Perdeskan oleh Pemerintah Desa Peninjoan. 

Terkait perundangan-undangan Desa disampaikan oleh Bapak Sekretaris Desa Peninjoan. Beliau menyampaikan beberapa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemerintahan Desa yang ada di Desa Peninjoan, seperti undang-undang nomor 6, PP 43 2014 tentang Desa serta beberapa undang-undang terkait lainnya.

Ketua LPM Desa Peninjoan juga menyampaikan beberapa hal dalam sosialisasi ini. Beliau menegaskan kembali apa yang telah disampaikan oleh Bapak Perbekel dan juga bapak Sekretaris Desa terkait masalah peraturan-peraturan yang telah disosialisasikan. Setelah selesai penyampain dari bapak Ketua LPM, sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi bersama dengan peserta sosialisasi terkait dengan materi yang disampaikan. Sosialisasi ditutup oleh Bapak Perbekel Desa Peninjoan setelah selesai dilaksanakannya diskusi bersama.