PEMDES PENINJOAN SOSIALISASIKAN RKP DESA, APBDES DAN RKP TAHUN 2021 SERTA VASINASI COVID-19

21 Januari 2021
Administrator
Dibaca 716 Kali
PEMDES PENINJOAN SOSIALISASIKAN RKP DESA, APBDES DAN RKP TAHUN 2021 SERTA VASINASI COVID-19

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jumat (22/01/2021) Pemerintah Desa Peninjoan mensosialisasikan RKP Desa, APBDES dan RKP Tahun 2021 serta Vasinasi Covid-19 kepada masyarakat. Sosialisasi dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di aula PAUD Widya Sentana Peninjoan yang dihadiri oleh Ketua BPD, Ketua LPM, Perbekel bersama seluruh Perangkat Desa Peninjoan, Bendesa Adat-Se Desa Peninjoan, Kelian Banjar Adat Se-Desa Peninjoan, KelIan Subak Se-Desa Peninjoan, Ketua TP PKK Desa Peninjoan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Bidan Desa, KPM, Pengelola PAUD Se-Desa Peninjoan, PLD dan undangan lainnya.

Rapat Sosialisasi yang dibuka oleh Bapak Sekretaris Desa Peninjoan I Wayan Suyasa dengan menyampaikan agenda sosialisasi yang telah dirancang oleh pemerintah Desa peninjoan. Selain itu bapak sekdes menyampaikan permakluman kepada para hadirin yang hadir dengan ketidak hadiran bapak perbekel peninjoan dikarenakan masih dalam kondisi pemulihan pasca sakit. Setalah dibuka oleh bapak sekdes selanjutnya dilanjutkan dengan sosialisai vaksinasi covid-19 dari puskesmas Tembuku II.  Dari data yang disampaikan oleh pemateri dari puskesmas tembuku II menyampaikan bahwa Bali pemecah rekor peningkatan kasus positif covid-19.  Dalam sosialisasi ini juga disampaikan strategi pengendalian covid-19. Untuk proses vaksinasi covid-19 bagi masyarakat yang akan divaksin akan mendapatkan sms untuk jadwal vaksinasi covid-19 di layanan Kesehatan terdekat. Setelah selesai sosialisai vaksin covid-19 acara rapat sosialisasi dilanjutkan dengan sosialisasi RKP Desa dan APBDES oleh bapak sekretaris Desa Peninjoan, dengan menyampaikan pagu proyeksi tahun 2020 yang telah berjalan. Bapak sekdes menyampaikan bahwa tahun 2021 ini banyak kegiatan yang telah disepakati tidak bisa didanai mengingat kekurangan anggaran, termasuk siltap dan tunjangan desa tidak bisa di bayarkan sampai akhir tahun. Dalam sosialisasi ini juga disampaikan bahwa dukungan pemekaran desa tetap dilaksanakan oleh pemerintah desa peninjoan. BPD Desa Peninjoan I Made Yasa juga menyampaikan beberapa hal dalam rapat sosialisasi ini, menurut dirinya apa yang disampaikan sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Ketua LPM Jro Mangku Wayan Kerta dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan gambaran yang disampaikan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan desa.

Sebelum rapat ditutup oleh bapak sekdes terlebih dahulu dilaksanakan diskusi atau tanya jawab dengan undangan yang hadir. Harapan dari bapak sekdes apa yang disampaikan pada sosialisasi ini agar disampaikan juga kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.