PEMDES PENINJOAN,LAKSANAKAN RAPAT RUTIN BULAN AGUSTUS

23 Agustus 2020
Administrator
Dibaca 754 Kali
PEMDES PENINJOAN,LAKSANAKAN RAPAT RUTIN BULAN AGUSTUS

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (24/8) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan rapat rutin bulan Agustus. Rapat yang dimulai pada pukul 09.00 wita yang bertempat di Gedung pertemuan perbekel peninjoan yang dihadiri oleh ketua BPD, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, ketua LPM, Bendesa Adat se- desa Peninjoan dan Seluruh Perangkat Desa Peninjoan. Dalam rapat ini ada beberapa agenda yang dibahas yakni ; 1. Sinergitas Desa Adat dan Desa Dinas dalam membangun Desa, 2. Penyampaian program-program pemerintah dan acara lainnya.

Rapat rutin yang dibuka oleh sekretaris desa I Wayan Suyasa, mengingat bapak perbekel peninjoan ada kegiatan ada sehingga pembuka rapat rutin ini ditugaskan kepada sekdes. Dalam kesempatan ini sekdes menyampaikan bahwa sinergisitas desa adat dan desa dinas ialah salah satunya mengenai kebersihan lingkungan yang merupakan tanggung jawab bersama. Di kesempatan ini juga pemerintah desa peninjoan melalui sekdes mengucapkan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama memelihara lingkungan dan badan jalan. Pelaksanaan dari kegiatan pembersihan lingkungan ini merupakan realisasi dari surat edaran perbekel peninjoan. Dalam rapat ini sekdes peninjoan juga menyampaikan program-program pemerintah desa dan juga penggunaan anggaran dalam penanggulangan covid-19, termasuk pemberian BLT DD. Selain itu sekdes juga menyampaikan terkait bantuan BKK subak, dirinya mengatakan bahwa telah diproses pelaksanaannya. Sekdes juga menyinggung mengenai penanganan masalah pencegahan covid-19 agar menyesuaikan dengan surat edaran dari Bupati Bangli. Dalam kesempatan ini juga sekdes menyampaikan surat dari dinas koprasi yang berkaitan dengan bantuan stimulus usaha. Disamping itu sekdes juga menyampaikan tugas-tugas dari perangkat desa yang berkaitan dengan profil desa. Dalam kesempatan ini ketua BPD Desa peninjoan I Made Yasa, dirinya menyampaikan terkait sinergisitas desa adat dan desa dinas agar menyesuaikan dengan surat edaran perbekel. Yang kedua dirinya juga mengucapkan terimakasih bahwa pelaksanaan BLT DD telah berjalan sesuai dengan aturan. Dalam rapat ini pula ketua LPM juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan agenda rapat pada hari ini. Dirinya mengaharapkan antara desa adat dan desa dinas terbangun sinergisitas dalam pembangunan desa. Selain itu ketua LPM mengajak seluruh jro bendesa untuk meningkatkan kedepanya agar saling bersinergi untuk membangun desa.

Dalam kesempatan ini Bhabinsa desa peninjoan juga menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan keselarasan antara desa adat dan dinas dalam kehidupan era baru ini. Dirinya menyampaikan bahwa dari awal rapat sudah banyak yang menyinggung masalah covid-19. Dirinya menyampaikan bahwa berhubungan dengan penyampaian ketua BPD dalam hal masyarakat yang menyampaikan kepada ketua BPD mengenai pelaksanaan upacara yadnya di tengah pandemi covid-19. Rapat diakhiri dengan diskusi-diskusi bersama seluruh peserta rapat.