PEMDES PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN PENGURUS RDS

18 Juni 2020
Administrator
Dibaca 785 Kali
PEMDES PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI DENGAN PENGURUS RDS

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Jum'at (19/6) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan rapat koordinasi dengan pengurus Rumah Desa Sehat terkait dengan konvergensi pencegahan stanting tingkat desa. Rapat yang dimulai pada pukul 10.00 WITA yang bertempat di halaman kantor Perbekel Peninjoan yang dihadiri oleh Ketua BPD, Perbekel Peninjoan, ketua LPM, PLD, Sekdes dan seluruh pengurus RDS.

Rapat yang dibuka secara resmi oleh Perbekel Peninjoan I Putu Joantara, dalam penyampaian nya menyampaikan bahwa rapat koordinasi dengan pengurus RDS ini terkait masalah penanganan stanting tingkat desa, sebagai syarat pencairan BLT Dana Desa tahap ketiga. Selain penyampaian dari Perbekel Peninjoan, dalam rapat ini sekdes Peninjoan I Wayan Suyasa juga menjelaskan secara aturan yang berlaku mengenai tugas pokok dan fungsi dari pengurus RDS. Dimana pengurus RDS telah dibentuk sejak 2019 namun karena kepengurusan perbekel yang baru sehingga kepengurusan SK nya dirubah. Dalam rapat ini materi mengenai RDS disampaikan oleh pendamping lokal desa I Dewa Made Wangi, menjelaskan mengenai RDS sesuai dengan permendes yang berlaku. Pendamping menjelaskan bahwa tugas RDS adalah untuk menyiapkan data-data terkait masalah stanting di desa peninjoan sehingga pemerintah desa peninjoan dapat mengamprah dana desa tahap ketiga. Perbekel Peninjoan mengharapkan agar pengurus RDS semakin aktif dan bekerja serius kedepannya. Ketua BPD Desa Peninjoan I Made Yasa menyampaikan bahwa RDS ini masih awam dikenal dimasyarakat, sedangkan fungsi RDS ini sangat berperan dalam kehidupan masyarakat. Disamping itu ketua BPD juga menambahkan bahwa laporan dari RDS ini merupakan syarat sebagai pencairan dana desa tahap ketiga. Ketua LPM Jro mangku Wayan kerta juga menyampaikan bahwa rumah desa sehat adalah organisasi untuk mengedukasi masyarakat dalam menjamin kesehatan masyarakat desa. Ketua LPM mengharapkan agar pengurus RDS diberikan anggaran untuk menjalankan operasional dan fungsinya.

Rapat yang diakhiri dengan diskusi dan koordinasi dengan seluruh pengurus Rumah Desa Sehat untuk menjalankan tugas dan fungsinya kedepannya.