GASAL BERSAMA KRAMA DALEM AGUNG TAMPUAGAN BERSIHKAN LINGKUNGAN PURA

06 Maret 2020
Administrator
Dibaca 860 Kali
GASAL BERSAMA KRAMA DALEM AGUNG TAMPUAGAN BERSIHKAN LINGKUNGAN PURA

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (7/3) Gerakan Sadar Lingkungan (GASAL) bersama-sama dengan krama Dalem Agung Tampuagan melaksanakan pembersihan di lingkungan Pura Dalem. Kegiatan yang dimulai kurang lebih pukul 09.00 Wita yang bertempat di lingkungan Pura Dalem. Pembersihan lingkungan ini dilakukan dalam rangkaian menyambut upacara pengusabhaan yang akan dilaksanakan di Pura Dalem Agung Tampuagan di bulan maret ini. Kegiatan yang didampingi oleh Prajuru Pura Dalem Agung Tampuagan bersama perbekel Desa peninjoan ini membersihkan sampah dan memotong rumput yang berada di sekitar area Pura Dalem Agung Tampuagan.

Pembersihan bersama krama dalem ini akan dilanjutkan sampai menjelang pelaksanaan upacara pengusabhaan di Pura Dalem Agung Tampuagan. Desa peninjoan sendiri mengerahkan seluruh petugas GASAL untuk bersama-masa mempersihkan sampah maupun rumput-rumput di seputaran pura dalem. Pembersihan ini dilakukan di beberapa titik di area pura dalem yakni ; di jaba kelod pura dalem, disebelah utara pasar dan di jalan menuju ke pura dalem. Dengan adanya gotong royong antara pemerintah desa peninjoan dengan krama pura dalem agung tampuagan bisa membangun kesadaran masyarakat akan kebersihan terutama di lingkungan Pura/tempat suci.

Diharapkan kegiatan semacam ini tetap dilaksanakan untuk membangun masyarakat yang sadar lingkungan demi terwujudnya desa peninjoan bebas dari sampah plastik. Pemerintah desa peninjoan juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat desa peninjoan agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah sembarangan.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana