PERBEKEL PENINJOAN BERSAMA GASAL LAKSANAKAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

04 Maret 2020
Administrator
Dibaca 752 Kali
PERBEKEL PENINJOAN BERSAMA GASAL LAKSANAKAN PEMBERSIHAN LINGKUNGAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (5/3) Perbekel Peninjoan bersama-sama kelompok masyarakat sadar lingkungan melaksanakan pembersihan lingkungan di sepanjang jalan raya peninjoan yang menjadi titik-titik pembuangan sampah dan rumput liar. Kegiatan yang dimulai kurang lebih pukul 08.00 Wita ini melibatkan seluruh petugas GASAL yang berjumlah 16 orang yang dibantu juga oleh perangkat desa bersama-sama membersihkan sampah dan memotong rumput liar di beberapa titik yakni di Pasar Peninjoan, Perempatan jalan menuju pura dalem dan daerah pangkung perbatasan peninjoan tabunan puun.

Selain itu kegiatan pembersihan juga dilaksanakan berlanjut sampai siang menjelang sore oleh kelian banjar dinas manikaji yang mengerahkan masyarakatnya untuk bersama-sama bergotong royong untuk membersihakan lingkungan yang ada di wilayah manikaji. Kegiatan pembersihan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah desa peninjoan dalam hal mengantisipasi tumpukan sampah yang di bawa oleh air hujan. Hal tersebut akhir-akhir ini wilayah desa peninjoan sering terguyur hujan yang intensitas hujannya cukup lebat dan lama. Selain itu telah terjadi pula beberapa bencana tanah longsor yang terjadi di beberapa titik di wilayah desa peninjoan seperti yang terjadi di dukuh dan di kebon kangin. Namun pemerintah desa peninjoan melalui bapak perbekel sudah tanggap bencana hal tersebut telah dapat teratasi, akan tetapi untuk lonsor yang terjadi di kebon kangin akan di tangani besok 6 Maret 2020 mempergunakan alat berat yang dibantu oleh BPDB Kabupaten Bangli.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini juga dilakukan mengingat ada beberapa kunjungan yang akan dilakukan ke desa peninjoan. Selain itu juga kegiatan ini sebagai penunjang persiapan lomba desa tingkat kabupaten bangli, dimana desa peninjoan ditunjuk sebagai perwakilan kecamatan tembuku dalam kegiatan lomba desa tersebut. Maka dengan demikian desa peninjoan mempersiapkan dengan baik, baik secara admistrasi maupun lingkungannya, sehingga akan dapat menambah dan meningkatkan nilai postif untuk desa peninjoan itu sendiri.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana