ANTISIVASI PENYEBARAN VIRUS CORONA, PENINJOAN LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

21 Maret 2020
Administrator
Dibaca 745 Kali
ANTISIVASI PENYEBARAN VIRUS CORONA, PENINJOAN LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Minggu (22/3) Dalam upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menanggulangi penyebaran virus covid-19, maka pemerintah desa peninjoan bekerja sama dengan desa adat di lingkungan wilayah desa peninjoan bersama-sama secara swadaya membeli cairan disenfektan untuk penyemprotan di fasiltas-fasilitas umum dalam mengatisivasi penyebaran virus covid-19 ini. Hal  ini merupakan tindaklanjut yang dilakukan pemerintah desa terkait dengan surat himbauan dari pemerintah pusat,provinsi maupun kabupaten. Kegiatan penyemprotan ini dilakukan secara serentak diseluruh wilayah desa peninjoan yang melibatkan GASAL, Perangkat Desa, Pemuda atau sekaa truna dan dipantau langsung oleh Perbekel Peninjoan bersama Sekretaris Desa.

Kegiatan yang dimulai kurang lebih Pukul 08.00 wita ini masing-masing banjar dinas dan banjar adat di wilayah desa peninjoan melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum seperti di pasar umum peninjoan, di Pura, dimasing-masing balai banjar dan tempat-tempat umum yang sering dipergunakan oleh orang banyak atau masal. Kegiatan semacam ini akan terus dilakukan setelah pihak pemerintah desa membentuk SATGAS Penanggulangan Covid-19 atau Posko penanggulangan covid-19 Desa Peninjoan, yang akan direncanakan pembentukannya besok tanggal senin 23 Maret 2020 di kantor desa peninjoan. Sesuai dengan surat edaran dari pemerintah provinsi Bali masyarakat dihimbau agar selalu melaksanakan Prilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS). Sesuai surat edaran dari setda provinsi bali dalam lampirannya dalam penanggulangan covid-19 masyarakat di himbau jika kondisi badan tidak enak agar tetap dirumah jangan keluar rumah apalagi berada dalam kerumunan atau keramaian, isolasi diri sendiri, dan beberapa hal lainnya yang berhubungan dengan penanggulangan penyebaran covid-19 ini.

Dalam kesempatan ini juga diharapkan masyarakat menyadari secara bersama-sama akan pentingnya menjaga diri sendiri dan orang lain dengan tetap menjaga jarak jika keluar rumah, bila perlu jangan datang ke tempat-tempat keramaian. Selain itu juga masyarakat diajak untuk bersama-sama menjaga kesehatan bersama dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Jika seandainya ada gejala-gejala terkena serangan virus covid-19 agar masyarakat segera memereksakan diri ke unit-unit kesehatan tedekat terlebih dahulu.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana