DALAM USAHA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TANI TERNAK, PEMDES PENINJOAN LAKUKAN PELATIHAN

23 November 2020
Administrator
Dibaca 756 Kali
DALAM USAHA MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TANI TERNAK, PEMDES PENINJOAN LAKUKAN PELATIHAN

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (23/11/2020) Dalam usaha meningkatkan kualitas pertanian dan perternakan yang ada di desa peninjoan maka pemerintah desa peninjoan melaksanakan pelatihan kepada kelompok tani ternak tahun anggaran 2020. Kegiatan pelatihan yang dimulai 07.45 hingga selesai dijadwalkan selama dua hari yakni tanggal 23 Nopember 2020 hingga 24 Nopember 2020 yang bertempat di ruang pertemuan kantor perbekel peninjoan. Kegiatan yang dihadiri oleh Bapak perbekel Peninjoan, Sekdes Peninjoan, Bhabinkamtibmas, PPL Wilbin Desa Peninjoan, dan kasi pelaksanaan kegiatan.

Pelatihan kelompok tani ternak ini dibuka secara resmi oleh bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para petani dan peternak sehingga ilmu yang di dapatkan dapat bermanfaat sehingga kehidupan para kelompok tani ternak ini menjadi sejahtera. Pelatihan yang diberikan kepada dua kelompok tani ternak ini keduanya dari banjar dinas peninjoan yakni kelompok tani ternak Jana Santi yang beranggotakan 10 orang dan kelompok wanita tani ternak Cempaka Sari yang beranggotakan 10 orang, sehingga pelaksanaan dari kegiatan pelatihan ini berjumlah 20 orang peserta. Adapun materi yang diberikan selama dua hari ini ialah Kebijakan pertanian dan dinamika kelompok, analisis usaha tani, Teknik pembibitan ternak dan Kesehatan hewan itu hari pertama, sedangkan hari kedua yakni administrasi dan manajemen kelompok, ilmu ternak babi dan Teknik perkandangan ternak, Teknik pengelolaan pakan ternak. Sedangkan narasumbernya sendiri berasal dari BPP Kecamatan Tembuku, dari dinas pertanian maupun dari dokter hewan.

Salah satu narasumber I Nyoman Sarya mengatakan dalam pemberian materinya bahwa kelompok tani merupakan dinamika sosial yang memiliki tujuan untuk membentuk suatu usaha tani ternak untuk meningkatkan tarap ekonomi anggota pertanian. Sehingga manajemen kelompok wajib dimengerti oleh para pengurus kelompok tani ternak tersebut, disamping juga memperhatikan administrasi-administrasi kelompoknya. Demikian yang disampaikan oleh salah satu narasumber pada pelatihan ini.