Artikel

PEMERINTAH DESA PENINJOAN, LAKSANAKAN PELATIHAN DESAIN DAN RAB 2019

18 November 2019 10:51:53 admin-peninjoan Berita Desa

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (18/11) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan pelatihan desain dan RAB Tahun 2019 untuk seluruh aparatur desa. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 Wita bertempat di gedung pertemuan kantor perbekel desa peninjoan. Peserta yang hadir  pada kegiatan pelatihan ini sebanyak 30 orang sesuai dengan undangan yang telah disebarkan. Pelatihan desain dan RAB ini merupakan sebuah upaya pemerintah desa dalam  hal peningkatan kapasitas aparatur desa. Adapun undangan yang hadir pada kegiatan ini berasal dari beberapa unsur, yakni ; unsur perangkat desa mulai dari perbekel sampai seluruh kaur dan kasi beserta staf, ketua BPD, ketua LPM dan pengurus TP PKK.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dimulai pada hari senin 18 November 2019 sampai selasa 19 November 2019 yang dilaksanakan sesuai jadwal dan materi yang telah dirancang oleh pihak desa. Adapun jadwal dan kegiatan pada hari pertama dalam pelatihan ini yakni ; dimulai dari regestrasi peserta, pembukaan ( menyayikan lagu Indonesia Raya, doa, sambutan perbekel peninjoan, sambutan camat tembuku), dilanjutkan pemberian materi dari TA Inspratruktur Desa kabupaten bangli, dengan materi fungsi desain dan RAB dan penyusunan desain dan RAB bangunan. Sedangkan hari kedua selasa 19 Nopember 2019 dilaksanakan pelatihan dengan materi penyusunan desain dan RAB bangunan dan materi menghitung volumo dan campuran material ( Praktek Lapangan), dan diakhiri dengan penyelesaian administrasi serta penutupan.

Pelatihan desain dan RAB ini dimulai dengan pemberian materi dari I Nyoman Gede Ari Praja dengan materi yang berjudul fungsi desain bangunan. Dirinya menyampaikan materi bagaimana cara mempersiapkan desain bangunan yang baik dan benar sesuai dengan prosudur pembangunan, tahapan-tahapan dalam proses pembuatan pembangunan serta membuat RAB pembangunan dengan benar. Selain itu dirinya juga menyampaikan materi dalam menghitung  sudut siku-siku dengan rumus phytagoras dalam proses menentukan sudut siku-siku dalam sebuah bangunan.

Akhir dari kegiatan pelatihan hari pertama ini dilaksanakan diskusi dengan pemateri bersama para peserta pelatihan terkait materi yang mungkin kurang dimengerti dalam kegiatan pelatihan ini. Dapat pula diamati peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan desain dan RAB ini. Diharapkan setelah selesai pelaksanaan pelatihan ini para aparatur desa memiliki bekal dalam hal pembuatan desain dan perencanaan RAB bangunan, sehingga harapan yang hendak dicapai dari kegiatan pelatihan ini dapat tercapai, yakni dapat meningkatnya kapasitas aparatur pemerintah desa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Desa

Perpustakaan Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung