PEMARGI WIMBAKARA BULAN BAHASA BALI PEMDES PENINJOAN TAHUN 2021

26 Februari 2021
Administrator
Dibaca 755 Kali
 PEMARGI WIMBAKARA BULAN BAHASA BALI PEMDES PENINJOAN TAHUN 2021

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, (26/2/2021) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan wimbakara (lomba) dalam rangka memperingati Bulan Bahasa Bali di Tahun 2021 ini. Lomba yang dimulai pada pukul 08.00 wita yang bertempat di Wantilan Pura Dalem Agung Tampuagan. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Kesra Kaecamatan Tembuku, Bendesa Alitan MDA Kecamatan Tembuku, Perbekel Peninjoan bersama seluruh Perangkat Desa Peninjoan,  Ketua BPD, Ketua LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Penyuluh Bahasa Bali, Ketua TP PKK, Ketua Karang Taruna Giri Kusuma Desa Peninjoan, Bendesa Adat Se- Desa Peninjoan dan seluruh peserta lomba dalam kegiatan bulan Bahasa bali ini.

Bulan Bahasa Bali tahun 2021 ini diawali dengan pembukaan yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Merah Putih Benderan Tityange, dilanjutkan dengan Doa, dan sambutan dari bapak Perbekel Peninjoan. Dalam kesempatan ini bapak perbekel peninjoan menyampaikan bahwa kegiatan lomba bulan Bahasa ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali tepatnya pada bulan pebruari. Pelaksanaan bulan Bahasa bali desa peninjoan ini dilaksanakan setelah masing-masing desa adat di wilayah desa peninjoan telah lebih dahulu melaksanakan kegiatan serupa, sehingga lomba di desa diikuti oleh para perwakilan desa adat yang telah mendapatkan juara di masing-masing desa adat. Setelah sambutan dari bapak perbekel peninjoan acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua MDA Kecamatan Tembuku, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bulan Bahasa bali ini merupakan sebagai sarana pembelajaran untuk para generasi untuk lebih mencintai budaya, sastra, aksara dan Bahasa bali. Dengan demikian harapan pemerintah untuk melestarikan budaya bali khususnya Bahasa, Sastra dan Aksara Bali dapat terwujud. Pembukaan bulan Bahasa Bali di desa peninjoan ditandai dengan pemukulan gong oleh bapak perbekel peninjoan yang didampingi oleh Kasi Kesra dan Ketua MDA Kecamatan Tembuku. Bulan Bahasa Bali Desa Peninjoan dengan Tema “ Wana Kertih Sabdaning Taru Mahottama” dengan beberapa wimbaraka seperti Gending Rare tingkat PAUD, Nyurat Aksara Bali tingkat SD, nguwacen Aksara Bali Dahe Truna dan Mesatua Bali oleh Krama Istri. Dalam kegiatan ini panitia lomba mengundang tiga juri sebagai panureksa untuk menilai dari keempat lomba tersebut. Sedangkan untuk peserta secara keseluruhan merupakan masyarakat desa peninjoan yang terdiri dari lomba megending bali pesertanya anak-anak PAUD di tiga Lembaga PAUD Milik Desa Peninjoan, Nyurat Aksara Bali pesertanya terdiri dari perwakilan masing-masing SD di keenam SD yang berada di wilayah Desa peninjoan dengan jumlah 10 orang, Nguwacen Aksara Bali yang pesertanya berasal dari Dahe Truna masing-masing banjar adat dan lomba mesatua Bali pesertanya krama Istri perwakilan masing-masing Desa Adat se-Desa Peninjoan sebanyak 10 orang.

Dalam lomba bulan Bahasa bali ini dapat disampaikan pemenang lomba bulan Bahasa bali tahun 2021 desa peninjoan yaitu :

Juara satu lomba megending Rare tingkat PAUD diraih oleh Ni Luh Devani Putri dari TK PWD Pulesari, juara dua diraih oleh Ni Kadek Yuni Dwipayanti dari TK PWD Peninjoan dan juara tiga diraih oleh Ni Kadek Manik Dyah Ananda. Untuk lomba nyurat aksara bali tingkat SD juara satu diraih oleh I Kadek Agus Adi Putra dari SD N 4 Peninjoan, juara dua diraih oleh Ni Luh De Anggreni Purwaningsih dari SD N 4 Peninjoan dan juara tiga diraih oleh I Putu Arya Pranata dari SD N 2 Peninjoan, dan untuk nguwacen aksara bali tingkat deha truna juara satu diraih oleh Ni Luh Murti Wulansari  dari Desa Adat Tampuagan, juara dua diraih oleh I Dewa Ayu Dwi Mirna Wati dari Desa Adat Kebon dan juara tiga diraih oleh Ni Wayan Indah Setiawati sedangkan untuk lomba mesatua bali tingkat krama istri, juara satu diraih oleh Dewa Ayu Ratnawati dari Desa Adat Kebon, juara dua diraih oleh Ni Wayan Yuliartini dari Desa Adat Peninjoan dan juara tiga diaraih oleh Ni Kadek Sumiati dari Desa Adat Bengang. Dalam pelaksanaan wimbakara bulan Bahasa bali ini juga dimeriahkan oleh Sekaa Santi dari banjar manikaji. Wimbakara bulan Bahasa Bali Desa Peninjoan tahun2021 ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dan penyerahan bingkisan bagi seluruh peserta lomba oleh bapak perbekel peninjoan.