KADER RDS DESA PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI

25 Oktober 2020
Administrator
Dibaca 752 Kali
KADER RDS DESA PENINJOAN LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Senin (26/10/2020) Kader Rumah Desa Sehat Desa peninjoan melaksanakan rapat koordinasi dan evaluasi data kegiatan RDS. Rapat yang dimulai pukul 09.30  wita yang bertempat di gedung pertemuan kantor perbekel peninjoan, yang dihadiri oleh Bapak Sekretaris Desa Peninjoan, PLD Desa Peninjoan, Pengurus TP PKK Desa Peninjoan, Bidan Desa, Ketua Posyandu Banjar dan Kader RDS Desa Peninjoan.

Rapat yang dipimpin oleh bapak Sekretaris Desa I Wayan Suyasa, dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini dilaksanakan bersama kader posyandu masing-masing banjar dinas untuk mengakurasi data stanting yang akan diberikan kepada KPM untuk bahan laporan ke dinas terkait. Selain itu bapak sekdes juga menyampaikan agar para kader posyandu untuk membuat laporan-laporan kegiatan posyandu baik itu posyandu ibu hamil maupun balita kepada pemerintah desa. Diharapkan laporan-laporan itu dibuat setiap bulannya. Dalam rapat ini juga sekdes peninjoan juga menyampaikan bahwa dalam perubahan APBDes 2020 akan dialokasikan anggaran untuk penambahan PMT kepada balita maupun ibu hamil yang kondisinya memang sangat memerlukan PMT tambahan.  Selain itu kepada para kader posyandu dalam melaksanakan kegiatan agar mematuhi dan memperhatikan protokol pencegahan covid-19 sesuai dengan surat edaran dari perbekel peninjoan dan dalam pendokumentasian kegiatan agar dibuat secara sistematis dan baik, hal tersebut dikarenakan dokumentasi kegiatan akan di stor dalam bentuk DVD. Yang menjadi penekanan dalam rapat ini yakni akan dilaksanakan pelatihan kader posyandu agar memiliki kompetensi yang sama antar kader posyandu, selain kader posyandu juga Sebagian besar masih baru.

PLD desa peninjoan juga menambahkan beberapa hal dalam rapat ini. PLD menyampaikan regulasi anggaran dana desa dalam penanganan stanting dan juga masalah laporan-laporan penanganan stanting merupakan standar dalam penentuan anggaran dana desa untuk desa peninjoan dari pemerintah pusat.

Rapat koordinasi ini diakhiri dengan diskusi bersama bidan desa dengan kader-kader posyandu di masing-masing banjar dinas dan dilakukan simulasi pengukuran tinggi balita dan anak-anak.