RDS DESA PENINJOAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA KADER

20 Januari 2021
Administrator
Dibaca 1.114 Kali
RDS DESA PENINJOAN LAKUKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA KADER

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Kamis (21/01/2021) Kader Rumah Desa Sehat Desa Peninjoan melakukan rapat koordinasi bersama dengan para kader dan beberapa pihak terkait. Rapat yang dimulai pukul 09.00 wita yang bertempat di aula pertemuan kantor perbekel peninjoan yang dihadiri oleh Sekretaris Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, PLD,  Ketua TP PKK Desa Peninjoan, PL KB Desa Peninjoan, Kasi Pelayanan dan Perwakilan Kader Posyandu, seluruh Kader RDS Desa Peninjoan.

Rapat RDS yang dibuka oleh bapak Sekretaris Desa Peninjoan I Wayan Suyasa dalam sambutannya menyampaikan permakluman kepada para kader terkait ketidak hadiran bapak perbekel dikarenakan sakit dan beberapa undangan yang tidak bisa hadir dikarenakan ada kesibukan lainnya yang tidak bisa diwakilkan. Dalam kesempatan rapat rutin RDS ini juga diperkenalkan KPM Desa Peninjoan yang baru yakni Ibu Nyoman Wintari yang merupakan salah satu kader Posyandu banjar dinas Karang Suung Kaja. Rapat RDS merupakan ruang diskusi para kader terkait dengan Kesehatan masyarakat di Desa Peninjoan. Dalam rapat ini juga bapak sekdes menyampaikan arahan kepada KPM yang baru terkait dengan tugas pokok dan fungsinya. Sekdes peninjoan juga mengevaluasi pelaksanaan posyandu di masing-masing banjar dinas dan sekaligus pembelian PMT saat kegiatan posyandu. Dalam rapat ini bapak sekdes juga mengharapkan kepada KPM yang baru bisa memberikan edukasi disetiap kegiatan psoyandu di masing-masing banjar. PLD Desa Peninjoan I Dewa Made Wangi menyampaikan tugas-tugas Kader KPM yang baru yakni sebagai pengumpul data-data kegiatan posyandu di masing-masing banjar dan membuat laporan setiap bulan sebagai dasar penerimaan honor dari pemerintah desa. Bhabinsa Desa Peninjoan juga menyampaikan beberapa hal dalam rapat RDS ini. Dalam kesempatan ini dirinya menyampaikan tetap menerapkan protokol Kesehatan pencegahan covid-19 dengan penuh disiplin. Selain itu bapak bhabin mengajak kepada para kader menjadi plopor dalam disiplin menerapkan protokol Kesehatan dengan cara 3M yakni; memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Bhabinsa juga mengingatkan karena musim hujan dan rawan bencana agar masyarakat berhati-hati jika ada pohon dekat rumah agar bisa di potong untuk keamanan bersama. Bhabinkamtibmas Desa Peninjoan juga menyampaikan beberapa hal dalam rapat ini. Dirinya menyampaikan cara-cara dalam mengatasi permasalahan tindak pidana dilingkungannya. Bapak bhabinkamtimas menjelaskan cara-caranya seperti mengamankan tempat kejadian, dilanjutkan dengan melaporkan kepada pihak berwajib maupun aparat terdekat.

Rapat diakhiri dengan diskusi bersama para kader RDS dan undangan yang lainnya. Rapat ditutup dan disimpulkan oleh bapak sekretaris desa dengan mengingatkan kepada KPM agar bisa memberikan edukasi dan sosialisasi tentang kesahatan masyarakat dengan cara menjadi contoh pada diri sendiri.