PEMBERIAN BLT KEPADA MASYARAKAT, TIM VERIFIKASI TURUN LANGSUNG KE BANJAR DINAS SE-DESA PENINJOAN

08 Mei 2020
Administrator
Dibaca 708 Kali

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Rabu (6/5) Pemeberian bantuan langsung tunai yang akan diberikan kepada masyarakat, perbekel peninjoan bersama-sama tim verifikasi melaksanakan observasi langsung ke rumah-rumah warga yang telah direkomendasikan oleh para kadus sebagai calon penerima BLT. Tim verifikasi bantuan BLT yang dipimpin langsung oleh perbekel peninjoan I Putu Joantara di damping kasi pelayanan sebagai pelaksana serta Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua LPM, Bendesa Adat, Kelian Banjar Adat serta BPD di dapil masing-masing. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita dimulai dengan melaksanakan observasi warga yang kurang mampu di banjar dinas bengang, dilanjutkan banjar dinas payuk, peninjoan, tampuagan, karang suung kelod dan terakhir karang suung kaja, Itu merupakan observasi hari pertama. Observasi hari kedua dimulai dengan mengunjungi masyarakat yang kurang mampu yang berada di banjar dinas kebon kaja, kebon kangin, kebon kelod, dadem, pulesari kawan dan terakhir di pulesari kangin. Observasi hari ketiga dimulai dengan mengunjungi banjar dinas penarukan, manikaji dan terakhir puraja.

Berdasarkan data yang diberikan oleh kelian banjar dinas di masing-masing wilayah tersebut merupakan rekomendasi yang diberikan oleh para tokoh adat maupun tokoh masyarakat, yang menurut mereka layak mendapatkan bantuan langsung tunai dari dana desa. Dalam proses perjalanan bersama tim ternyata masih banyak masyarakat yang keadaannya memang memerlukan bantuan dan uluran tangan orang lain. Dalam beberapa warga yang dikunjungi ada beberapa rumah yang memang kondisinya diluar kata layak ditinggali dan juga ada bebapa warga yang mengalami sakit kronis ataupun keadaan kesehatannya sangat-sangat memperihatinkan. Dengan demikian pemerintah desa peninjoan akan segera melaksanakan musyawarah khusus dalam hal verifikasi, finalisasi dan penetapan masyarakat yang layak menerima bantuan langsung tunai dari dana desa ini, sesuai dengan data yang telah dihimpun oleh tim verifikasi yang didukung relawan desa lawan covid-19.

Pihak pemerintah desa akan secepatnya mencairkan bantuan langsung tunai ini setelah selesai musyawarah penetapan masyarakat yang akan menerima BLT oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang akan dilaksanakan pada hari senin 11 Mei 2020 di kantor desa dengan perserta terbatas dan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran covid-19 dengan cara jaga jarak, PHBS dan tetap mempergunakan masker.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana