PEMERINTAH DESA PENINJOAN LAKSANAKAN KOORDINASI TERKAIT PENGELOLAAN PASAR DESA

07 Maret 2020
Administrator
Dibaca 700 Kali
PEMERINTAH DESA PENINJOAN LAKSANAKAN KOORDINASI TERKAIT PENGELOLAAN PASAR DESA

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Minggu (8/3) Pemerintah desa peninjoan melaksanakan koordinasi terkait dengan pengelolaan pasar desa bersama pemusungan dan prajuru adat Pura Dalem Agung Tampuagan. Rapat yang dimulai pada pukul 08.30 wita yang bertempat di desa peninjoan yang dihadiri Perbekel Peninjoan, Sekdes Peninjoan, Bhabinkamtibmas, Ketua BUMDES, Petugas pengelola pasar desa. Rapat yang dibuka oleh perbekel peninjoan dan dilanjutkan dengan penyampaian tujuan rapat dan agenda rapat. Rapat dilanjutkan dengan penyampaian peraturan dan tata kelola pasar desa oleh  Sekdes peninjoan bahwa pengelolaan pasar desa dilakukan secara berjenjang dari pemerintah desa yang melakukan kerjasama dengan prajuru Pura Dalem Agung Tampuagan, dilanjutkan dengan BUMDES dan terakhir Petugas Unit Pasar Desa.

Setelah penyampaian tatakelola pasar desa oleh perbekel peninjoan dan Sekdes peninjoan, rapat dilanjutkan dengan diskusi-diskusi terkait administrasi di pasar desa, agar pengelolaan pasar desa benar-benar tertib administrasi. Dalam rapat ini yang menjadi titik permasalahan adalah pungutan-pungutan di pasar desa. Sehingga Sekdes peninjoan menekankan bahwa BUMDES diharapkan berkoordinasi kepada pemerintah desa terkait masalah pengelolaan pasar desa. Dalam rapat ini laporan dari kepala pasar terkait masalahan pungutan dan hasil pengelolaan uang di pasar desa.  Dalam kesempatan ini perbekel peninjoan menekankan terkait masalah kebersihan dan tanggungjawab petugas pasar.  Rapat dilanjutkan penyampaian dari pemusungan Pura Dalem Agung Tampuagan, dirinya menyampaikan bahwa tatakelola desa yang paling mencerminkan kebersihan desa adalah pasar desa. Dirinya juga menambahkan bahwa dalam pembagian hasil pengelolaan pasar agar dibagi secara merata antara pemerintah desa dengan Pura Dalem Agung Tampuagan setelah hasilnya bersih. Selain itu dirinya juga menyampaikan beberapa hal terkait masalah jalannya rapat yang berjalan sedikit tegang, namun dirinya menyampaikan agar kejadian-kejadian semacam ini agar tidak terjadi kedepannya. Dalam kesempatan ini yang sangat ditekankan adalah masalah administrasi dan tetap menjaga kebersamaan serta kekompakan dalam bekerja di dalam organisasi. Prajuru Dalem perwakilan Manikaji juga menambahkan beberapa hal terkait masalah restribusi pengontrak ruko-ruko yang ada di seputaran lingkungan di Pura Dalem, dirinya juga mengaku akan melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat yang menyewa ruko tersebut. 

Kesimpulan rapat koordinasi pengelolaan pasar desa ini yakni diharapkan agar semakin baik, baik hal administrasi maupun sistem pengelolaan pasar. Perbekel peninjoan mengharapkan agar kedepanya pengelola pasar menjaga kekompakkannya antar pengelola pasar desa untuk membangun pasar desa lebih baik lagi kedepannya.