DESA PENINJOAN, PUNYA DESTINASI WISATA BARU

17 Februari 2020
Administrator
Dibaca 977 Kali
DESA PENINJOAN, PUNYA DESTINASI WISATA BARU

SID Jurnalisnya Desa

Wana Kertih begitu nama objek wisata yang sedang di rilis oleh masyarakat Desa Adat Pulesari dan Penarukan. Objek wisata yang mensuguhkan pemandangan hamparah bukit, pepohonan dan laut ini berada sekitar kurang lebih 3000 diatas permukaan laut. Tempat objek wisata ini yang merupakan daerah perbukitan yang masih asri dan ditumbuhi berbagai macam pepohonan yang membuat para pengunjung yang datang ke objek wisata ini akan merasakan suasana perbukitan nan hijau dan sekaligus menyejukkan pikiran. Bagi para pelancong atau wisatawan yang bosen liburan ke tempat rekreasi atau hiburan boleh coba datang ke objek wisata wana kerthi ini.

Objek wisata wana kerthi ini yang beralamat di area Pura Pucak Sari Banjar Dinas Pulesari Penarukan Desa Peninjoan Kecamatan Tembuku Kabupaten Bangli. Objek wisata yang baru mulai ditata dekat-dekat ini sudah memiliki berbagai spot selvi, baik berupa anjungan maupun rumah pohon serta tempat duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan yang menyejukan mata dan menenangkan hati para pengunjung yang datang ke objek wisata ini. Objek wisata wana kerthi ini akan mulai dibuka pada Rabu 19 Pebruari 2020 yang sekaligus bertepatan dengan hari raya Galungan.

Sebelum resmi dibuka objek wisata wana kerthi ini, hari ini senin tanggal 17 Pebruari 2020 tepatnya sore tadi pukul 16.00 Wita Perbekel Peninjoan I Putu Joantara bersama Sekdes Peninjoan I Wayan Suyasa mengunjungi sekaligus melihat sudah berapa persen penataan dari objek wisata wana kerthi ini dilaksanakan. Penataan objek wisata wana kerthi ini menurut kelian Pura Pucak Sari yang sekaligus ikut bekerja langsung dalam penataanini mengatakan bahwa penataan objek wisata ini mulai dari pembersihan, memasang spot-spot selvi dan lain-lainnya dilakukan secara bersama dengan krama pengempon Pura, baik itu unsur PKK, Sekaa Truna maupun Krama Adat Itu sendiri.

Objek wisata wana kerthi ini diharapkan kedepannya mampu menjadi objek wisata yang berada di Desa Peninjoan untuk dapat  menjadi daya Tarik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara yang berkunjung ke Bali. Dimana desa peninjoan sudah ditetapkan sebagai desa wisata dengan beberapa objek wisata yang sedang ditata seperti objek wisata spiritual alas metapa dan objek wisata lainnya. Dengan adanya objek wisata yang baru ini diharapkan akan menjadi media untuk meningkatkan perekonomian desa khususnya masyarakat yang berada di sekitar objek wisata wana kerthi ini dan tidak menutup kemungkinan akan mempu menambah pendapatan Desa Adat maupun Desa Dinas. Dengan demikian masyarakat yang akan mengelola objek wisata ini harus benar-benar berusaha dengan penuh semangat untuk saling bahu membahu untuk terus mengembangkan objek wisata wana kerthi ini, sehingga dapat menjadi daya tarik pengunjung untuk berliburan ke objek wisata ini.

Jurnalis Desa Peninjoan : I Wayan Kastana