UNTUK MENGETAHUI PROGRES PEMBANGUNAN, PEMDES PENINJOAN LAKUKAN OPNAME

19 Desember 2020
Administrator
Dibaca 815 Kali
UNTUK MENGETAHUI PROGRES PEMBANGUNAN, PEMDES PENINJOAN LAKUKAN OPNAME

SID Jurnalisnya Desa

Peninjoan, Sabtu (19/12/2020) Pemerintah Desa Peninjoan melaksanakan opname atau pengecekan beberapa bangunan dan pelaksanaan upacara keagamaan yang anggarannya bersumber dari bantuan BKK Kabupaten (GGS). Pelaksanaan opname dilaksanakan oleh Bapak Perbekel Peninjoan I Putu Joantara bersama Sekretaris Desa yang di damping oleh kasi pelayanan, kasi kesra, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan beberapa kelian banjar dinas di masing-masing wilayah opname. Ada tiga lokasi yang dilakukan opname oleh bapak perbekel yakni di Pura Dadia Dukuh Sekar Sari Banjar Dinas Manikaji, Pura Mrajan sang kembengan Banjar Dinas Karang Suung Kelod, Pembangunan Karang Suci di Banjar dinas penarukan serta pelaksanaan karya ngenteg linggih di Pura Dadia Pasek Gelgel Penarukan.

Adapun rincian anggaran BKK Kabupaten Bangli (GGS) yang diberikan untuk proses pembangunan dan pelaksanaan upacara keagamaan dapat dilaporkan sebagai berikut :

  1. Kegiatan pembangunan Bale Lantang di Karang Suci Desa Adat Penarukan dengan jumlah dana Rp. 89.904.000 yang bersumber dari BKK (GGS) Kabupaten bangli tahun anggaran 2020 dan swadaya masyarakat.
  2. Kegiatan pembangunan bale serba guna di karang suci Desa Adat Penarukan dengan jumlah dana Rp. 144.546.000 yang bersumber dari BKK (GGS) Kabupaten Bangli tahun anggaran 2020 dan swadaya masyarakat.
  3. Kegiatan pembangunan pelinggih meru tumpeng 3 di Pura Dadia Sang Kembengan banjar dinas karang suung kelod dengan jumlah dana Rp. 52.500.000 yang bersumber dari BKK (GGS) Kabupaten Bangli tahun anggaran 2020 dan swadaya masyarakat. Ketiga proses pembangunan ini telah mencapai 90 %.
  4. Pelaksanaan dan penyelenggaraan upacara keagamaan di Pura Dadia Dukuh Mekar Sari Banjar Dinas Manikaji dengan jumlah dana Rp.18.750.000 yang bersumber dari BKK (GGS) Kabupaten Bangli tahun anggaran 2020.
  5. Pelaksanaan dan penyelenggaraan upacara keagamaan karya ngenteg linggih lan mendem pedagingan di Pura Dadia Pasek Gelgel Banjar Penarukan dengan dana Rp. 187.500.000 yang bersumber dari BKK (GGS) Kabupaten Bangli tahun anggaran 2020. Kedua pelaksanaan upacara keagamaan pura dadia Dukuh Sekar Sari dan Pura Dadia Pasek Gelgel telah terlaksana 100 %.

Tujuan dari pelaksanaan opname yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam hal ini Bapak Perbekel Peninjoan bersama jajarannya untuk melihat kemajuan pelaksanaan kegiatan  sebelum dilaksanakannya pembayaran ke rekanan.