BIMTEK KPPS, DILAKSANAKAN PANITIA PILKEL DESA PENINJOAN

23 September 2019
Administrator
Dibaca 797 Kali
BIMTEK KPPS, DILAKSANAKAN PANITIA PILKEL DESA PENINJOAN

SID Jurnalisnya Desa

Selasa (24/9) BIMTEK KPPS dilaksanakan oleh panitia PILKEL Desa Peninjoan. Kegiatan yang dilaksanakan pukul 9.00 WITA di gedung pertemuan Desa Peninjoan yang merupakan kegiatan Bimbingan Teknis terkait Pemilihan Perbekel yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2019 bulan depan. Dalam kegiatan BIMTEK ini dihadiri oleh perwakilan-perwakilan KPPS dari masing-masing TPS dari 17 TPS yang ada di wilayah pemilihan. Selain dihadiri oleh masing-masing perwakilan KPPS, turut juga hadir Babhikantibmas dan Ketua LPM serta anggota dari Panitia PILKEL.

Kegiatan BIMTEK KPPS ini membahas bagaimana teknis-teknis dalam pelaksanaan pemilihan perbekel dari tahap awal sampai selesai pelaksanaan pemilihan perbekel.  Dalam kegiatan ini juga dibahas bagaimana tatacara pengisian sampul-sampul pemilihan dalam pemungutan suara. Pelaksanaan BIMTEK KPPS ini lebih menekankan bagaimana bekerja secara hati-hati dan detail sesuai dengan undang-undang pemilihan perbekel yang berlaku. Masing-masing KPPS juga diharapkan berkerja sesuai dengan TUPOKSInya masing-masing, sehingga perkerjaan dapat menjadi efisen.

BIMTEK KPPS ini yang paling sangat-sangat ditekankan oleh ketua panitia PILKEL  adalah pengisian-pengiasan berita acara, tahapan-tahapan penghitungan suara di masing-masing TPS. Sedangkan untuk proses pengerekapan suara dilaksanakan jika semua kotak suara sudah seluruhnya terkumpul di kantor desa dari masing-masing  TPS dari 17 TPS yang ada.

Dalam pengisian hasil rekap suara dilaksanakan sesuai dengan tatacara pengisian plano, jika terjadi kesalahan dalam pengisian plano tersebut, KPPS dilarang untuk menghapus dengan TIP X atau alat penghapus lainnya, namun cukup dengan mencoret pada angka yang salah tersebut.

Ketua Panitia dalam kesempatan ini juga menyampaikan tatapelaksanaan kampanye dari masing-masing calon, bahwa kampanya hanya dapat dilakukan oleh masing-masing calon sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan panitia. Namun masing-masing calon dapat melakukan penyampaian visi-misi kepada masyarakat sebelumnya. Diharapkan juga kegiatan PILKEL ini jika ada kejadian-kejadian yang terjadi  jangan sampai masuk ke sosial media, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Ketua Panitia PILKEL  I  Wayan Suyasa juga mengajak kepada masyarakat setelah pemilihan perbekel ini selesai diharapkan masyarakat bersatu kembali menjadi warga Desa Peninjoan, siapapun nantinya terpilih menjadi Perbekel Desa Peninjoan.